Sehat Bersama VCO


Saat menyebut VCO (Virgin Coconut Oil), banyak yang lantas menyandingkannya dengan minyak klentik/kletik. Apakah VCO sama dengan klentik? Tentu tidak. Karena klentik diproses dengan pemanasan, sedangkan VCO melalui proses dingin atau basah yakni melalui fermentasi. 


Sebuah situs yang sempat kutemukan malah terang-terangan mencela VCO sebagai produk orang kota, yang tak mau disamakan dengan klentik yang mungkin terasa ‘ndeso’. Lho kok jadi underestimate terhadap desa ya..hehe.. Klentik sebagai minyak kelapa murni kurasa memang masih lebih baik dibandingkan dengan minyak pabrikan yang kemungkinan sudah mendapat tambahan pengawet agar bisa disimpan lebih lama. Dan jauh lebih baik dibandingkan dengan minyak sawit. Tapi bagaimanapun, pemanasan mengurangi beberapa kandungan penting dalam minyak. Maka hadirlah VCO, sebagai produk teknologi yang berusaha mengambil manfaat kelapa dengan lebih optimal.
 
Mau belanja? Cek di sini: https://www.tokopedia.com/rumahronin/vco-virgin-coconut-oil-minyak-kelapa-murni

Kelapa sudah dimanfaatkan oleh manusia sejak lama. Seperti yang pernah diperkenalkan oleh gerakan pramuka di tanah air yang memakai lambang tunas kelapa. Tanaman yang dapat dimanfaatkan dari akar hingga puncaknya tersebut, sudah sangat akrab dengan masyarakat wilayah tropis termasuk Indonesia. Kelapa dimanfaatkan sebagai bahan pangan, pengobatan alami, dan kecantikan. Minyak kelapa murni atau VCO baru ramai dibicarakan beberapa tahun terakhir. Sejumlah penelitian memaparkan khasiatnya bagi kesehatan. Beberapa khasiat tersebut seperti mendukung fungsi kekebalan tubuh, serta membantu mencegah infeksi bakteri, virus, dan jamur. VCO diyakini mengandung antioksidan dan vitamin E yang dapat membantu mencegah penyakit kanker. 


Lebih detilnya, beberapa jenis penyakit yang dapat dicegah dengan konsumsi VCO - karena asam lemak rantai sedang yang terkandung di dalamnya, antara lain:
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mencegah tekanan darah tinggi, aterosklerosis, dan stroke
  • Mencegah diabetes
  • Menurunkan berat badan
  • Membunuh virus penyebab mononuclerosis, influenza, hepatitis C, campak, herpes, AIDS, dll
  • Meredakan gejala nyeri dan iritasi akibat wasir
  • Meringankan peradangan kronis
  • Anti kanker
  • Melindungi ginjal dan infeksi kandung kemih
  • Mencegah penyakit hati
  • Mengeluarkan atau membunuh cacing pita, kuku, giardia, dan parasit lain
  • Mengendalikan ketombe
  • Mempercantik kulit
Manfaat khusus VCO untuk ibu hamil dan menyusui
Masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa, sudah sangat mengenal minyak murni yang dalam hal ini adalah klentik. Meski belum ada penelitian ilmiah, saran turun temurun disampaikan orang tua kepada anak-anaknya. Kelapa mengandung asam lemak jenuh rantai sedang, atau medium chain fatty acids (MCFA). Kini dengan pengolahan tanpa pemanasan, VCO memberikan manfaat lebih optimal. 

MCFA dalam VCO berfungsi melindungi janin dari serangan virus dan mikroorganisme, yang bermanfaat pada kehamilan trimester pertama. Sedangkan pada kehamilan tua, MCFA diubah menjadi energi yang dibutuhkan pada proses melahirkan. Dari pengalaman, VCO juga berhasil meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Kandungan MCFA dalam ASI membantu ibu memberikan perlindungan pada bayinya terhadap virus, bakteri, dan protozoa.

Manfaat khusus VCO untuk rambut

Masyarakat tradisional juga mengenal minyak klentik sebagai komponen perawatan rambut. Klentik ini diyakini dapat menjaga kesehatan kulit kepala, mencegah ketombe, membuat rambut lebih subur dan hitam. 

Dengan proses basah, kelapa menghasilkan VCO dengan fungsi yang lebih optimal. Para ahli kecantikan juga telah mengakui VCO sama efektifnya dengan kondisioner rambut. Struktur molekulnya yang kecil, memudahkan VCO masuk ke dalam batang rambut sehingga dapat mempertahankan kadar protein rambut dan melembabkan rambut.

Manfaat khusus VCO untuk kulit

Dibandingkan aneka krim dan lotion yang memulihkan kulit sementara, VCO lebih efektif dalam mencerahkan, menyegarkan, dan memulihkan kondisi kulit secara langsung. Beberapa manfaat VCO untuk kulit adalah untuk menjaga kelembaban kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan mencegah pembentukan strech marks. 

Manfaat VCO untuk pet


VCO sudah dijadikan anjuran oleh sejumlah vet atau dokter hewan dalam perawatan pet, utamanya kucing dn anjing. Obrolan tentang VCO juga banyak ditemukan di grup dan komunitas pecinta binatang. Manfaat VCO, untuk anjing dan kucing cukup banyak, antara lain mengobati bulu rontok akibat infeksi jamur, meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi ginjal, dan mencegah aneka peyakit lainnya. Penggunaannya bisa langsung diberikan menggunakan spuit atau dicampur dengan makanan kucing. Pada kasus infeksi kulit, dapat dioleskan langsung. VCO tentu saja aman untuk dijilat. 

Temukan aneka cerita kucing di: Rumah Ronin

Di Bandung sempat terjadi booming, sejumlah kawan melakukan produksi. Tapi entah kenapa, pelan-pelan menghilang. Beberapa VCO yang pernah kutemui bukan produksi Bandung. Lalu setelah obrolan kesana-kemari, akhirnya berjumpa dengan kenalan di kampung halaman yang memproduksi VCO. Nah, siapa itu yang menulis “mengganti istilah klentik dengan VCO biar tak berkesan ndeso”? Lha klentik dan VCO memang beda, masbro.. Dan VCO pun bisa diproduksi oleh siapa saja. Termasuk para petaninya langsung yang tinggal di desa itu. Pun VCO yang ini, aku ambil dari kawan pelaku UMKM di kota kelahiranku, Trenggalek. 

Mau meningkatkan kesehatan dengan konsumsi VCO? Belanja di lapaknya anak-anak meong yaaa 😊


25 comments

  1. Vco banyak banget khasiatnya emang ya. Dulu pas aku Hamil Juga disaranin buat beli vco ini, banyak manfaat Juga ternyata buat ibu hamil

    ReplyDelete
  2. Sudah sering denger tuh soal VCO dan manfaatnya, tapi terus terang aku belum pernah memanfaatkannya secara langsung.

    Minyak klethik dan minyak klenthik tuh sama nggak, ya? Dulu semasa tinggal di Jawa Tengah, menyebut minyak goreng ya memang minyak klenthik gitu, sih, hihihi ...

    Nah, kalau sama minyak kelapa asli, apa tuh bedanya? Kalau ini, pernah kukonsumsi saat mau melahirkan dulu. Katanya biar jalan lahirnya licin, mempermudah bayi keluar. Dan itu bener banget. Meskipun sampai seminggu kemudian, kerongkonganku masih rasa minyak, hahaha ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tanah sunda, kletik. di jawa, klentik. sama, prosesnya dengan pemanasan.

      Delete
  3. Dulu tetangga saya suka buat minyak kelapa murni, Mbak Dhenok. Itu satu botol saja, dari banyak butir kelapa. Tapi baunya sangat harum. Dan memang pastinya jauh lebih bagus dari minyak kelapa pabrikan.
    Nah, kemarin saya baru saja nonton di televisi seorang ibu yang ikut sebuah kelompok di desanya membuat minyak klentik ini. Itu pas ada yang beli, sebotolnya kayaknya ngasih 400 ribu. Sesuai dengan sulit pembuatan dan banyak manaat dari minyaknya ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwooo banget harganya! biasanya kl untu pengobatan pakainya kelapa ijo

      Delete
  4. Vco ini produk wajib nya orang diet ketofastosis ya kan mba Dhenok.

    Banyak sekali manfaatnya ♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ada yg belanja di saya, katanya buat campuran kopi. yaik..ga kebayang rasanya haha

      Delete
  5. VCO memang udah cukup lama terkenal khasiatnya. Lebih baik dari minyak kelapa sawit untuk memasak apa ya.. Tapi di daerah saya masih banyak juga yang menggunakan minyak kelapa, minyak sereh, minyak karo dari daun2 rempah, dan lainnya.

    ReplyDelete
  6. Aku malah baru tahu kak soal VCO itu di tulisan ini. Ya ampun aku kemana aja ya. Ternyata VCO ama minyak kletik itu beda ya. Yang membedakannya hanya dari pengolahannya aja ya 😊. Ternyata aku juga baru tahu kalau vco ini banyak banget ya manfaatnya. Waw banget

    ReplyDelete
  7. Baru pernah denger minyak VCO Kak, ternyata manfaatnya banyak banget ya, baik bagi kita maupun bagi binatang peliharaan

    ReplyDelete
  8. Hwaa,, bagus nihh buat menurunkan berat badan n menjaga kesehatan yaa... Scr di tahun 2020 resolusinya pingin makan clean food n jaga bb hehe... Tfs Mbak

    ReplyDelete
  9. Jadi inget dulu pas aku mau lahiran anak pertama, ibu sengaja repot2 buat minyak kletik sendiri, pas udah jadi, botol kecil itu cuma terisi seperempatnya aja. Tapi pas ada VCO, asik deh gak perlu repot buat minyak kletik lagi.

    ReplyDelete
  10. Banyak sekali manfaat minyak VCO, meskipun beberapa ada yang overclaim karena perlu rangkaian uji coba pendukung. Selama tak ada efeknegatif, menurut saya ya tak apa, lah. Memang banyak khasiatnya. Apalagi jika ditambah sugesti.

    Saat saya akan melahiran, saya percaya bahwa minum VCO akan menenangkan kontraksi rahim (mengurangi rasa sakit) dan karena sugesti kuat, ya benar adanya.

    ReplyDelete
  11. Banyak yg salah kaprah antara VCO dengan minyak klentik. Kebetulan aku pernah belajar buat keduanya. Kalau VCO emang dianjurkan karena khasiatnya luar biasaa. Tapi sayang produsen VCO belum banyak...

    ReplyDelete
  12. oh vco itu bisa menurunkan berat badan juga wow... aku tertarik heheheheh *melintir2 kumis*
    dan bisa membunuh parasit juga...
    selama ini belom pernah coba vco, cuma pernah baca2 aja... boleh juga nih

    ReplyDelete
  13. Wih ternyata manfaat VCO banyak yaaa
    Aku pakai VCO vuat camurin essential oil buat dibalurin ke kulit kak :D
    Eh ternyata selain bisa buat ngalusin kulit juga bisa buat kucing gtu juga ya, blm pernah coba makaiin :D

    ReplyDelete
  14. Baru2 ini memang saya sering dengar VCO, tp saya pikir minyak kelapa ya biasa aja. Teryata manfaatnya sangat banyak ya. Perlu di coba nih

    ReplyDelete
  15. aih udah lama gak denger VCO sejak pertama booming sekian tahun lalu.Harganya yang lumayan mahal jadi hanya beberapa saja yang masih lanjut mengunakan VCO

    ReplyDelete
  16. Walah, saya malah baru pertama kali denger istilah VCO mbak, next mungkin harus nyobain langsung ya, biar bisa lebih sehat

    ReplyDelete
  17. Minyak VCO ternyata bnyk manfaat nya yak. Td nya aq kirs sm ky minyak kelapa, ternyata beda yak ..

    ReplyDelete
  18. Memang banyak sekali manfaat sekali voc. Aku juga di rumah jiga pake munyak VCO

    ReplyDelete
  19. VCO ternyata manfaatnya banyak ya ... Di rumah punya sich, dibelikan suami, tapi seringkali ya saya pakai buat melembabkan kulit aja. Nggak taunya ternyata banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  20. Jadi penasaran seperti apa VCO itu lihat aslinya, memang aku ga pernah tau atau ga pernah beli. Ternyata memang banyak manfaatnya ya.

    ReplyDelete
  21. Mantaatnya kece bgt. Jadi inget waktu kuliah praktikum bikin ini.

    Salam optimasi Twitter

    ReplyDelete