I Love You, Single Hit Sofie yang Masih Terus Dicari

I Love You. Lagu ini pernah menjadi langganan pilihan pendengar, saat aku siaran program musik. Terutama waktu  di kurun waktu gawe di Radio Mara (1996-2006), lalu saat siaran di Radio Maestro (2007-2009), dan di Radio Sonora (2013-2020). Tampaknya nuansa yang dibangun lagu ini, lengkap dengan lengkingan tinggi suara Sofie terasa pas bagi mereka yang tengah menyimpan rasa tertentu. Jatuh cinta? Patah hati? Jangan-jangan kamu di antaranya?!

ILUSTRASI DUMMY


Baca juga: Lagu-lagu Terbaik James Bond

Kapan hari ada yang menayangkan lagu ini di akun media sosialnya. Sofie tampil dengan I Love You dalam nuansa yang berbeda. Kuduga itu versi barunya. Tapi ini 2023, lo! Masih ada yang menayangkan lagu tersebut. Tapi, yaaa ... yang namanya kenangan, sulit untuk diabaikan begitu saja. Nuansanya akan tetap mengikuti meski tahun demi tahun berlalu. 


I Love You dan Radio Siaran pada Masanya

Istilah "pada masanya" ini kupakai untuk merujuk masa lagu ini (masih) berjaya. Setidaknya pada masaku yang masih tersisa gaungnya, meski itu hampir dua dekade setelahnya. Sudah masuk dalam deretan "lagu nostalgia". Biasanya lagu ini aku putar di jam sore (16.00-18.00) atau malam (20.00-22.00). Kalau ada yang rikues pada jam pagi, ditolak. Mendayu-dayu begitu, bisa bikin yang sedang bekerja jadi kasuat-suat, toh?! 😁

Masa itu aku menjadi saat aku belajar banyak tentang lagu. Menjadi kesenangan tersendiri buatku untuk mencari referensi tentang lagu tertentu dengan lirik-liriknya. Tentang penyanyi atau grup musiknya. Kadang informasinya tercukupkan dari sampul kasetnya saja. Tapi, kalau mau lebih lengkap ya menacri dari sumber lain. Nah, di situ tantangannya. Sumbernya hanya koran, majalah, buku. Ada yang bahannya bertebaran di banyak sumber, lebih banyak lagi yang nggak ketahuan. Termasuk Sofie ini.

Saat itu, sungguh aku tak menemukan referensi apa pun soal Sofie dan lagunya yang melegenda itu. Padahal sedemikian sering lagu itu diputar, dibarengi dengan hati yang ikut menjerit-jerit dari para pendengarnya. 

Baca juga: LCLR Plus, Pesona Musik 80-90an


I Love You


Since the day we've met

It seems like heaven came to me

I've got this funny sence

Of humor that delibers me

Is it good or bad?

That I believed each word you said

It feels like nothing can't go wrong in your company


I am honest, not untouchable

I'm a woman but not weak

I'm fighting for my honour

And I'm not so quickly pleased

I am honest, not untouchable

And I don't like second hand

But I know that since a day or two

It's getting out of hand

I love you


I wonder how I know your name

It's whispered by the breeze

And in a funny way, it's hypnotising me

How can you size the spaces

Between love and admiration

It is frightening

It is something I can't see


Still I'm honest, not untouchable

I'm a woman but not weak

I'm fighting for my honour

And I'm not so quickly pleased

I am honest, not untouchable

And I don't like second hand

But I know that since a day or two

It's getting out of hand

I love you


Yes, I love you, whoa-oa-oa

I love you, whoa-oa

Whoa, whoa, whoa

I love you, whoa-oa, oh yeah


Baca juga: Grammy Award 2020, Lagu, dan Siaran Radio


Mengenal Sofie

Saat melihat tayangan Sofie dengan I Love You aransemen baru itu aku iseng untuk mencari tahu tentang penyanyi ini. 

Nama lengkapnya Sofie Verbruggen. Lahir di Antwerp, Beligia pada 1956. Tumbuh dalam keluarga seniman, Sofie sudah mengenal musik sejak kecil. Masuk usia remaja ia mulai mengikuti ajang kompetisi menyanyi. Salah satunya, yang ia menangkan adalah kontes "Ontdek-de-Ster" (discover-the-star) pada 1973. Dua tahun berikutnya ia menjadi anggota band disko "Trinity" yang tergolong sukses. Sayang hanya bertahan selama 3 tahun. Setelahnya ia mencoba bersolo karier.

Peruntungannya belum cukup bagus. Dua singel yang ia rilis pada 1979 dan 1981, hanya bergaung samar di Belgia. Baru pada rekaman ketigalah ia meraih sukses. 

Lagu itu, I Love You, adalah karya komposer Belanda, Roan Malister. Rilis pada 1982. Setahun berikutnya Sofie mengikuti kompetisi Eurosong-contest. Hanya berhasil meraih posisi kedua. Namun, lewat I Love You, namanya telah abadi di hati para penikmatnya di seluruh dunia.

Apa kabar Sofie kini? Aku tak menemukan cukup referensi. Hanya tersebutkan, ia membentuk live-band "So Four" pada 1993. Mereka merekam album So Far So Good yang di dalamnya terdapat I Love You dalam aransemen baru. Karier bermusiknya, pada kurun 1995-96, juga dianggap kembali bangkit, dengan dikeluarkannya album bertajuk Love Loops

Semoga masih terus berkarya, ya, Teteh Sofie 😊

Lantas terpikir untuk membuat doodle bertulis I Love You sebagai ilustrasi. Sekaligus sebagai ungkapan buatmu, ya, buatmu: I love you!

Baca juga: September, Lagu Apa yang Terhubung dengan Kisahmu?

No comments