Grammy Awards 2020, Lagu, dan Siaran Radio



Yang mana sih Billie Eilish? Sontak itulah pertanyaanku saat mendapati nama itu merajai perolehan Grammy Awards 2020. Langsung cari di channel youtube, Bad Guy, salah satu lagunya yang mendapat penghargaan bergengsi tersebut. Ooowh begitu lagunya...ok 😊 Coba dengar beberapa lagunya yang lain: Burry A Friend, Hostage, Ocean Eyes, When The Party’s Over, Everything I Wanted,  Love You.. Ya ya ya..sudah terbayang. 


Ajang penghargaan musik tahunan ini sebetulnya aku tak butuh kesegeraan untuk memantau. Karena aku siaran musik di radio segmen dewasa, yang notabene tak memutarkan lagu baru. Sekadar untuk tahu info terkini saja. Untuk tahu musik terbaru yang dinilai bagus. Pada tiap masa biasanya aku punya favorit juga, meski tak memutarnya di siaran. Beberapa lagu Eilish  aku menikmati. Bisa jadi aku akan mengoleksinya, terutama lagu-lagu yang bernuansa gloomy

Bicara soal lagu-lagu Grammy Awards, sebetulnya tak selalu sebanding lurus dengan minat orang pada lagu. Ada banyak faktor yang menyebabkan kita suka lagu tertentu. Karena liriknya, penyanyinya, musiknya, mood-nya, atau kenangan pada peristiwa-peristiwa yang muncul berbarengan dengan saat lagu itu terdengar. Banyak juga sih lagu-lagu kelas Grammy yang disukai. Dulu, saat internet belum marak, di studio salah satunya disediakan buku untuk referensi. Isinya chart Billboard 100 pada kurun waktu tertentu. Lupa persisnya, mungkin waktu itu kurun 30 tahun ke belakang. Keluaran Amrik tentunya. Dilengkapi dengan sedikit cerita tentang lagu atau penyanyinya. Dari situ dapat terlihat apa yang menjadi tren di Amerika, disukai, bahkan mendapat penghargaan, belum tentu dirikues pendengar. Telinga kita punya selera sendiri.

Masih ingat lagu Kokoronotomo

Anata kara kurushimi o
Ubaeta sono toki
Watashi nimo ikiteyuku
Yuuki nga waite kuru


Ai wa itsumo rarabai
Tabi ni tsukareta toki
Tada kokoro no tomo to
Watashi o yonde


Shisuka ni mabuta tojite
Kokoro no doa o hiraki
Watashi o tsukandara
Namida huite



Aku ingat, sengaja mendengarkan kaset dan menulis liriknya agar bisa ikut menyanyi. Ga penting juga kalau salah tulis, pokoknya bisa ikut nyanyi lagu yang sedang beken itu. Saat itu aku masih SD atau baru masuk SMP kalau tidak salah. Masih di kampung halaman. Begitu nyemplung ke dunia siaran di Bandung, lagunya Mayumi Itsuwa ini nyaris tiap hari ada yang rikues. Pada kisaran satu dekade sejak kemunculan itu lagu. Bahkan hingga kini, banyak orang yang masih ingin menyenandungkan lagu tersebut. Beberapa kali ada kesempatan berjumpa dengan nihonjin, coba kutanyakan perihal 'kokoronotomo' ini. Tak satu pun di antara mereka yang mengenal Mayumi Itsuwa. Yaaa.. bisa jadi mereka tak mewakili secara keseluruhan orang Jepang, karena sesungguhnya Mayumi Itsuwa telah melahirkan sejumlah album dan mendapatkan penghargaan. Tapi lebih kurang begitulah barangkali apresiasi orang terhadap lagu, ada hal-hal tertentu yang bikin klik, atau sekadar lewat saja.

Dulu, beberapa lagu ‘barat’ yang bukan lagu beken tapi banyak dirikues di antaranya You’re My Everything dari Santa Esmerelda dan Just for You dari Richard Cocciante. Nama-nama yang susah betul cari referensinya. Lagunya tak masuk dalam kitab Billboard 100. Sekarang sih relatif gampang ya..tinggal klik search engine. Kalaupun sedikit, empat lima baris ada saja orang yang berbagi cerita. 


Kembali ke ajang Grammy Awards 2020. Acara sudah tuntas digelar pada Senin (27/1/2020) pagi tadi waktu Indonesia Barat. Pada ajang bergengsi yang berlangsung di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat ini, Billie Eilish memborong lima piala. Bahkan empatnya adalah kategori utama yakni Record of the Year, Album of The Year, Song of The Year, dan Best New Artist.

Eilish sendiri bukan penyanyi instan. Ia dibesarkan oleh keluarga aktor dan musisi. Lahir dari pasangan berdarah Irlandia dan Skotlandia, Maggie Baird dan Patrick O'Connell, Eilish sudah menyanyi sedari kanak. Bahkan pada usia 11 tahun ia telah menulis dan menyanyikan lagu-lagunya sendiri. Sejak nyemplung ke dunia musik profesional, ia sudah ‘diramalkan’ bakal sukses. Eilish digadang-gadang Apple Music sebagai artis Up Next, menyusul debut single-nya yang laris, Ocean Eyes (2016), lanjut debut EP-nya Don’t Smile at Me (2017). Penyanyi yang punya nama lengkap Billie Eilish Pirate Baird O'Connell ini baru berusia 18 tahun pada Desember tahun lalu. Pada usia mudanya, dia telah berhasil mengalahkan para nominator seniornya. 

Baca aneka artikel musik di musikasik.online 

Ajang Grammy Awards tahun ini sudah memasuki perayaan ke-62. Penghargaan diberikan oleh National Academy of Recoring Arts and Science di Amerika Serikat sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi dalam industri musik. Acara yang ditunggu dan menjadi sorotan dunia, karena bagaimanapun Amerika Serikat masih menjadi kiblat musik dunia. Sebanyak 80 kategori telah menemukan nama pemenangnya masing-masing. Senang mendapati sejumlah nama yang lagu-lagunya cukup familiar. Bahkan seorang Willie Nelson yang telah berusia 87 tahun masih berkarya! Ia mendapatkan penghargaan Best Country Solo Performance lewat lagunya Ride Me Back Home. Gloria Gaynor (71 tahun) yang kita kenal dengan hitnya I Will Survive, kali ini mendapatkan penghargaan kategori  Best Roots Gospel Album, untuk albumnya bertajuk Testimony


Naaah, kawan...jadi ingin tahu: lagu apa yang buatmu paling berkesan, hingga hari ini? Bisa ceritakan padaku, apa alasannya dan momentum apa merasa suka dengan lagu itu? 😍


20 comments

  1. Lagu Kokoronotomo itu, saya ingat hits waktu saya kelas 3 SD - tahun 1983. Teman2 eh saya juga pada hafal :D

    ReplyDelete
  2. Waaahhh kokoronotomo itu lagu favorit saya sepanjang masa, rasanya nggak bosan-bosannya mendengarkan lagu itu.
    Dulu waktu zamannya winamp di komputer, setiap kali saya nyalain komputer, pasti di antara banyak list lagu yang sudah saya siapkan, akan ada lagu tersebut :)

    ReplyDelete
  3. Saya ini sejak kecil dicekoki ayah saya sama The Beatles dan ABBA. Jadi, saya sangat berkesan dengan lagu-lagu kedua grup musik itu. The Beatles bikin saya semangat les bahasa inggris, hahahaha. All My Loving, Hey Jude, Come Together, smw berkesan. Kalo ABBA, hmmmmm gak ada lagu ABBA yg gak saya suka. Tp paling berkesan itu Chiquitita dan The Winner Takes It All mba.
    Kadang kalo saya karaoke sama teman2 suka ditanyain, itu lu nyanyi apa sih? Berasa tua banget, padahal aq masih umur 20 tahunan waktu itu. Gak banyak temanku yg tahu ABBA. Kekekeke. Duuuh bikin saya kangen ayah jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya? kereeen.. saya bawain program beatles 2000-2004 dan 2015 sampai sekarang. dulu ga kenal.. dipaksa belajar krn kerjaan :)

      Delete
  4. Wawasanku tentang musik emang sangat minim. Membaca tulisan ini jadi menambah pengetahuan tentang musik.
    Btw Gloria Gaynor baru kudengar namanya. Hufftt mainku kurang jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun 70-an, mbak. superhitnya 'i will survive' yang dibawain lg sama cake.

      Delete
  5. Aku suka lagu-lagu indonesia zaman dulu kadang panbers, koes plus, dan lainnya. Karena bisa alm ayahku suka lagu-lagu tersebut. jadi bisa mengenang moment mas kecil bersama ayah.

    ReplyDelete
  6. Mmm ... Lagu, ya? Sebenarnya ada banyak. Tapi aku mau sebutkan salah salah satunya saja, ya. Lagu berjudul 'Titip Rindu Buat Ayah' karya Ebiet G Ade. Dulu, lagu tersebut suka kunyanyikan bersama teman-teman di Salah satu kegiatan ekstrakurikuler. Pembinanya ini sudah seperti ayah. Beliau yang suka ngingetin kalau kami semua melakukan kesalahan, malas, sampai berpesan supaya jangan pacaran, langsung menikah aja.

    Duh, jadi rindu beliau ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas ya, mbak.. ngomongin lagu. kebetulan masa kecil saya juga sering dengerin ebiet ^_^

      Delete
  7. Aku suka Kokoronotomo, I Will Survive dan... Billie Eilish hihi..
    Yang terakhir karena anak remajaku dengerin dan nyanyi ini melulu, bahkan waktu ini minta guru les gitarnya ngajarin not nya.
    Memang lumayan sih didengerin.

    ReplyDelete
  8. Lagu favorit yang paling berkesan, aku sih One direction, One Thing. Ha-ha-ha.

    ReplyDelete
  9. Mba Dhenok, aku langsung terbang balik ke tahun di mana aku SMA sampe kerja.
    Tiap tahun hampir gak pernah absen beli kasetnya Grammy award.

    Kalo habis nikah karena gak pernah lagi sengaja dengar radio, jadi hampir gak pernah tau lagi lagi baru. Kadang sesekali pas di jalan aku dengar radio, hihi
    Gak update lagi
    Tapi lagu yang aku suka pas zaman Grammy award dulu banyak banget Mba..
    Tahun 2002 sampe 2009 pokoknya enak-enak lagunya

    ReplyDelete
  10. Aku tahu nih lagu kokoronotomo itu. Itu aku SMP deh kayaknya pas pertama tahu. Booming banget yaa waktu itu. Btw aku gak pernah ngikutin mengenai Grammy Awards ini hehe

    ReplyDelete
  11. Aku akrab dengan lagu kokoronotomo tapi baru liat wajah penyanyinya di postingan ini. Menurutku lagu itu lagu abadi, ya ga sih Mba?

    ReplyDelete
  12. Ya ampuun itu lagu lawas napa keluar semua. Duuh kokoronotomo masa2 SMA. Skrg mah lagu2 ngehits ga paham judulnya. Biasanya nyari di yutube andelannya.

    ReplyDelete
  13. Kokoro no tomo itu memorabe banget. Menjadi standar harus hapal saat SMA. Wkwkwk.
    Syairnya dituls di belakang buku catatan pelajaran.

    Sampai sekarang masih ingat 2 bait dan saat baca ini jadi berdendang.

    ReplyDelete
  14. Aku dari sekolah dulu seneng banget kokoronotomo apalagi saat yang ngajarin kepala sekolah aah rasa nya slalu mengingat itu

    ReplyDelete