Mercury Retrograde dan Ajakan untuk Tetap Woles

Aku mendengar bahasan tentang 'Mercury Retrograde', belum terlalu lama. Mencoba cari referensi sana-sini. Hal yang sepertinya tak diterima semua orang. Tapi buatku sendiri, make sense. Setidaknya peringatan terkait kehati-hatian dan agar melakukan sesuatu dengan lebih baik, adalah hal generik, tak perlu pertimbangan ribet tentang 'percaya atau tidak'. Terlebih hal utama yang diingatkan adalah terkait komunikasi. Siapa yang mau komunikasi terganggu dan berbuntut 'bencana'? Maka, katanya: woles saja.



Jadi, apa itu 'Mercury Retrograde'?

Secara harfiah, istilah ini diartikan sebagai fase Merkurius bergerak mundur. Tidak dalam gerak yang sesungguhnya, melainkan sebuah ilusi optik. Jika gerakan normal, planet akan bergerak di orbitnya searah dengan jarum jam, kali ini pergerakannya terihat berlawanan. Peristiwa ini dialami oleh semua planet dalam tata surya.

Baca juga: Letusan Kelud, Tinju, dan Peristiwa Kematian

Merkurius adalah planet terdekat matahari, dengan orbit 4 kali orbit bumi terhadap matahari. Merkurius mengorbit kecepatan lebih tinggi dibandingkan planet-panet lain. Nah, saat mengalami retrograde, perputaran Merkurius terhadap Matahari yang biasanya lebih cepat daripada Bumi, terlihat lebih lambat.

Lantas, mengapa jadi obrolan seolah ini peristiwa yang mempengaruhi umat manusia?

Yup, oleh beberapa kalangan, terutama yang menyukai bahasan tentang astrologi, Mercury Retrograde diyakini berpengaruh terhadap hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi dan perjalanan. Dalam mitologi Romawi disebutkan, Merkurius dipercaya sebagai dewa pengantar pesan. Saat 'sang dewa' bergerak terbalik atau mundur, menjadi perlambang terjadinya kekacauan dalam komunikasi. 

Baca juga: Gong Smash! dan Safari Literasi Duta Baca Indonesia

Teori lain menyebutkan, Merkurius  memiliki dampak elektromagnetik yang berpengaruh terhadap komunikasi, bukan hanya terhadap makhluk bumi, namun juga semesta lainnya. Intinya lebih kurang senada, peristiwa ini memberikan dampak ikutan berupa pertengkaran, miskomunikasi, dan pengaruh buruk terhadap teknologi, misalnya gangguan koneksi internet, perangkat elektronik yang mendadak bermasalah, dll. 

Beberapa hal yang disarankan selama berlangsungnya Mercury Retrograde:

1. Slow down. Sabar. Woles saja menghadapi aneka situasi. Segala sesuatunya akan terasa melambat. 

2. Manfaatkan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang bersifat kreatif, termasuk menggeluti kembali hal-hal berbau seni yang barangkali lama ditinggalkan. Masa ini juga tepat untuk melakukan penataan ulang rumah.

3. Latih kembali intuisi; kesampingkan logika.

4. Berusaha objektif; tidak judging, tidak berasumsi, tidak melakukan gambling.

5. Perhatikan detail. Pada masa ini disarankan tidak membuat keputusan-keputusan penting, baik terkait pekerjaan, relasi, dan lain-lain, termasuk soal pengeluaran dalam jumlah besar. Jika tetap harus membuat keputusan, cek detailnya. Lakukan double check

6. Lakukan penyaringan untuk apa yang didengar dan dikatakan. Tak semua yang didengar perlu ditelan dan mempengaruhi pikiran dan perasaan. Sebaliknya, tahan diri untuk mengeluarkan bahan pembicaraan yang berpotensi memunculkan miskomunikasi. Hindari segala kemungkinan yang berpotensi destruktif. 

7. Terkait perangkat elektronik, lakukan back up data penting secara berkala, baik di HP, komputer, dan lain-lain. Termasuk belanja perangkat, disarankan untuk ditunda. 

8. Terkait perjalanan, sangat mungkin terjadi keterlambatan atau delay dalam transportasi. Tak perlu terlalu dipikirkan. Jalani saja. 


Mercury Retrograde pada tahun 2022

Tahun ini, akan terjadi sebanyak 4 kali Mercury Retrograde. Masing-masing berdurasi sekitar 20 hari. Periode tersebut, yakni: 

14 Januari - 4 Februari 2022

11 Mei - 2 Juni 2022

11 September - 30 September 2022 

31 Desember - 18 Januari 2023

Artinya, saat ini kita sedang berada di periode yang pertama. Pastikan untuk menjaga koneksi kita dengan orang lain, termasuk makhluk-makhluk di sekitar kita. Baik dalam bentuk komunikasi langsung maupun tak langsung, verbal maupun non verbal. 

Lazimnya, secara alami, kita bergerak maju. Pada masa berlangsungnya Mercury Retrograde ini juga disebutkan dapat menjadi saat yang tepat untuk melakukan evaluasi dan refleksi terhadap kejadian buruk masa lalu yang masih menyisakan trauma. Ambil waktu, mundur sejenak, untuk memaafkan diri sendiri dan orang lain yang punya andil terjadinya peristiwa buruk di masa lalu. 

Baca juga: UMi, Upaya Sejahterakan Usaha Ultra Mikro

Boleh percaya, boleh tidak. Tapi beberapa hal positifnya masih bisa lakukan to? Misalnya, setidaknya pada masa Mercury Retrograde ini, menjaga omongan agar komunikasi tetap berjalan dengan baik, menjaga hati ada di posisi netral agar tak mudah terpancing emosi, tidak terburu-buru dan woles saja. 

Sabbe satta bhavantu sukhitatta..



13 comments

  1. Wah baru tahu soal ini. Tinggal nunggu aja nih ada film yang mengangkat fenomena ini dan mungkin ditambahin bumbu-bumbu fiksi kayak Dont Look Up yang baru-baru ini tayang hwhw.

    Saking luasnya tata surya, masih ada banyak misteri. Dan hebat ilmuwan bisa mengulik satu demi satu termasuk tentang mercury retrogate ini :)

    ReplyDelete
  2. Cepet banget ya Mercury ini, orbitnya 4 kali bumi ya...
    Pengetahun baru nih untuk saya, tentang Mercury Retrograde. Ternyata ada pengaruhnya ke komunikasi antar manusia...

    ReplyDelete
  3. Hai kak Dhenok terimakasih loh untuk pembahasan tentang Mercury Retrograde.Buat aku jadi "Aware"and akhirnya googling.Apa itu dan harus melakukan apa saat datang.Tulisan yang keren nih.

    ReplyDelete
  4. Pas liat judulnya aku sangka mercury dimaksud kandungan yang berbahaya dalam skin care. Soalnya aku ga tau tadinya Mercury Retrograde. Tapi ternyata Mercury di sini itu planet merkurius ya.

    Aku juga tadi sempat bingung apa hubungannya pergerakan merkurius yang mundur dengan komunikasi. Tapi baca ini aku jadi melihat dari sudut pandang mba Dhenok juga. Makasih mba

    ReplyDelete
  5. Aaiihh 4 periode akan terjadi tahun ini ya Mbak Dhenok. Dengan masing-masing 20hari, tentunya jadi perhitungan waktu yang cukup panjang untuk sebuah Mercury Retrogade. MashaAllah.

    BTW, saya jadi penasaran untuk menggali info lebih lanjut tentang hal ini. Karena baru kali ini mendengar tentang Mercury Retrograde dan hubungannya dengan komunikasi.

    ReplyDelete
  6. wah baru tau tentang Mercury Retrograde

    tapi satu hal pasti, perubahan adalah keniscayaan

    berasal darimana pun itu, yang penting kita harus bisa beradaptasi

    hanya yang bisa beradaptasi yang bertahan hidup

    ReplyDelete
  7. Wah aku baru tahu nih soal ini baca ini jadi punya pengetahuan baru, btw soal woles harus banyak belajar nih supaya bisa lebih ga baperan lagi...

    ReplyDelete
  8. Pertama kali kak mengenal istilah retrogade melalui tulisan ini, setidaknya ada yang menarik dari astronomi

    ReplyDelete
  9. Waduh... Cepat sekali Mercury Retrigrade, dimana orbit nya 4x di bumi ini, dan ternyata adacpengaruhnya komunikasi antar manusia

    ReplyDelete
  10. Dapat sesuatu hal baru. Saya baru tahu soal ini dan pas baca kata demi kata wow banget gitu. Apalagi ini sedang berada di periode pertama. Bagus nih Mba..

    ReplyDelete
  11. Wah jarang lho saya ketemu orang yang tulis mengenai planet begian. Sungguh menambah wawasan saya yang gak begitu tahu banget luar angkasa.

    ReplyDelete
  12. kalo dilihat dari tanggalnya, berarti saat ini sedang terjadi Mercury Retrograde yaa

    Untuk menghadapi hal ini seperti ini, dibutuhkan kesabaran yaa, dan yaa kata "woles" aja memang pas untuk menggambarkan siikap kita

    ReplyDelete
  13. wah sangat bermanfaat, terimakasih infonya ya :D

    ReplyDelete