Lagu-Lagu Terbaik Film James Bond


Ajang Academy Award akhir bulan lalu (28/02/2016) menobatkan theme song Film James Bond, Spectre yang berjudul Writings on the Wall sebagai Best Original Song. Sam Smith menulis lagu ini bersama Jimmy Napes. 



Yuk kita lihat deretan lagu yang mewarnai film James Bond lainnya. Mojowatch pernah membuat list ’10 terbaik’ theme song Bond. 


10. You Only Live Twice adalah lagu tema film Bond tahun 1967 bertajuk sama. Lagu yang disuarakan Nancy Sinatra ini digarap oleh komposer veteran Bond, John Barry, dengan lirik ditulis Leslie Bricusse. Disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik dari Barry dan menjadi salah satu hitsnya Nancy. Pada tahun-tahun ke belakang, beberepa penyanyi dan grup membuat cover versionnya, di antaranya Coldplay dan Robbie Williams. 

 

9. For Your Eyes Only, lagu tema Bond yang ke-12. Menjadi satu-satunya lagu yang penyanyinya, Sheena Easton, tampil di layar lebar. For Your Eyes Only ditulis oleh Bill Conti dan Mick Leeson. Lagu ini berhasil hingga posisi 4 pada Billboard Hot 100 dan nomor 8 pada UK Single Chart. Lagu ini juga masuk nominasi Best Original Song pada Academy Award 1982. 

 

8. Die Another Day, menjadi lagu yang bisa dibilang paling berbeda dibandingkan lagu-lagu tema Bond yang lain. Tak heran jika kolaborasi Madonna dengan Mirwais Ahmadza├» dan Michel Colombier ini menuai kritik. Namun ada juga yang mengapresiasi positif. Lagu ini masuk nominasi Golden Globe dan Grammy Award. Selain berada di posisi top ten pada tangga lagu di sejumlah negara, Die Another Day juga sukses secara komersil. 

 

7. Diamonds Are Forever adalah lagi-lagi karya John Barry. Ini lagu kedua Shirley Bassey untuk film Bond. Lagu yang ditulis Don Black ini tak memuaskan produser Harry Satzman. Tapi Albert Broccoli menyukainya. Bassey juga merekam lagu ini dalam bahasa Italia, "Una Cascata di Diamanti (Vivo Di Diamanti)."



6. Nobody Does It Better adalah tema film James Bond, The Spy Who Loved Me. Lagu yang diciptakan Marvin Hamlisch-komposer Amerika pemenang banyak penghargargaan, dengan lirik dari penulis laris dekade 70-an, Carole Bayer Sager. Nobody Does It Better menjadi lagu pertama Bond yang tak sama dengan judul filmnya, sejak franchise film ini diluncurkan. Lagu ini berjaya di tangga lagu. Nomor di US dan nomor 1 di UK. Ia juga mendapat sertifikat Gold dari RIAA. 

 

5. Skyfall menjadi lagu tema film Bond tahun 2012. Ditulis dan disuarakan penyanyi Inggris, Adelle. Penggarapan lagu ini sudah dimulai dari tahun sebelumnya, karena pihak perusahaan film ingin Adelle, sebagai penulis menemukan nuansa ‘dark and moody’ seperti yang ditampilkan dalam film. Skyfall rilis pada 5 Oktober 2012, menjadi bagian dari Global James Bond Day yang merupakan perayaan 50 tahun James Bond, ddari sejak peluncuran film pertamanya, Dr. No. Skyfall menjadi lagu pertama Bond yang menang di ajang Golden Globes, Brit Awards, dan Academy Awards. Lagu ini ini juga memenangkan  Grammy Award untuk kategori Best Song Written for Visual Media


 

4. A View to a Kill adalah single ke-13 milik grup Inggris, Duran Duran. Lagu yang rilis 6 Mei 1985 ini ditulis dan direkam untuk film James Bond dengan judul yang sama.  A View to a Kill menjadi hit terbesar Duran Duran. Lagu ini berhasil merajai Billboard Hot 100.



3. Seperti lagu-lagu Bond pada tahun-tahun awal, Thunderball adalah karya John Barry. Rilis tahun 1965 bersamaan dengan film Bond bertajuk sama. Pada awalnya theme song mengambil judul Mr. Kiss Kiss, Bang Bang, dengan penyanyi Shirley Bassey. Lalu digantikan oleh Dionne Warwick. Namun akhirnya ada perubahan; judul menjadi Thunderball dan disuarakan Tom Jones. 


2. Live and Let Die menjadi lagu tema film Bond tahun 1973. Ditulis oleh Paul McCartney dan Linda; performed oleh Wings. Live and Let Die menjadi  single suksesnya Wings, dan termasuk theme song tersuksesnya Film Bond. Lagu ini juga sekaligus menjadi reuni buat Paul dan George Martin, produser The Beatles yang dilibatkan dalam penggarapannya. 



1. Goldfinger, dibuat John Barry bersama penulis lirik Leslie Bricusse dan Anthony Newley. Goldfinger rilis tahun 1964 bersama film berjudul sama yang dibintangi Sean Connery. Empat puluh tahun kemudian, lagu yang disuarakan Shirley Bassey ini masuk di urutan ke-53 AFI's 100 Years…100 Songs, survey untuk 100 lagu sinema terbaik. Tahun 2008 lagu ini dilantik ke Grammy Hall of Fame.



Nah, menurut Anda, jika  Writings on the Wall disandingkan dengan 10 lagu di atas, di manakah posisinya?

No comments