The Swordsman, Adu Akting Joe Taslim dan Jang Hyuk

Minggu lalu, akhirnya mengunjungi bioskop. Akhirnya, setelah sekian bulan kangen nonton di ruangan dengan layar lebar. Seorang kawan mengajak: kita nonton Jota yuuuk.. Tak menyimak persis filmnya apa, dan baru ngeuh ketika adegan dimulai. Ternyata film Korea to.. 😀



Baca juga: The Man From Nowhere

Yup, aktor Indonesia Joe Taslim adu akting dengan para aktor Korea dalam film laga The Swordsman. Ia memerankan tokoh Gurutai, salah satu musuh Tae-yul (Jang Hyuk), tokoh utama dalam film ini. 

The Swordsman berkisah tentang Tae-yul, pendekar pedang hebat sekaligus pejaga kerajaan Joseon. Saat raja yang dikawalnya, Raja Gwanghae digulingkan, ia bersembunyi dari pengenalan dunia luar. Ia tinggal di pegunungan dengan seorang gadis remaja, Tae-ok (Kim Hyun-soo). Hidup sederhana dari berladang dan berburu. Sementara itu, Joseon di masa kini sedang muncul konflik antara Dinasti Qing dan Ming. Adalah Gurutai (Joe Taslim), ahli pedang Dinasti Qing yang berharap menjadi sosok terbaik di negeri tersebut. 

Baca juga: Gundala, Harapan Baru Film Laga Indonesia

Segala keributan yang terjadi di luar dirinya, tak memancing reaksi Tae-yul. Meski sedikit banyak penindasan yang terjadi di sekitarnya mengganggu nuraninya. Hingga suatu saat, anak buah Gurutai menculik Tae Ok. Ia pun memutuskan untuk angkat pedang. Bukan semata karena ia menyayangi Tae Ok, namun juga gadis itu adalah amanat yang merupakan tanggung jawabnya. 

Kisahnya tak rumit. Dan mungkin memang tak perlu berpikir banyak untuk menyaksikan tontonan penuh aksi pertempuran dan darah ini. Meski begitu, masih dapat dinikmati dialog-dialog menarik dan permainan para aktor. Aku belum pernah nonton film yang diperani baik Jang Hyuk maupun Joe Taslim. Ternyata keduanya bermain asik. 

Ini merupakan film Korea pertama yang dibintangi Joe Taslim. Kabarnya Jota awalnya tak yakin untuk menerima tawaran bermain di fim tersebut. Mengingat ia tak bisa berbahasa mandari dan belum pernah bermain dengan pedang. Namun begitu memutuskan menerima, ia pun berlatih berbulan-bulan. Bukan hanya ilmu bela diri menggunakan pedang, namun juga belajar bahasa dan menghafal dialog-dialognya. 

Baca juga: RIP, Sean Connery

Bagaimana dengan Jang Hyuk? Meski tak punya pembanding dengan film-filmnya yang lain, tapi keren dah. Dan langsung mencatat film-filmnya yang lain untuk ditonton 😍 Sebagai aktor dengan usia di atas 40 tahun, penampilannya dalam aksi laga masih prima. 

The Swordsman disutradarai oleh Choi Jae Hoon, dan merupakan debut film garapannya untuk industri layar lebar. Ia juga bertindak sebagai penulis naskah. Filmya sendiri sudah mulai berproses pada Juni 2017 dan tuntas September 2017. Mengapa tak kunjung rilis? Konon ada permasalahan di pendanaan. Opus Pictures selaku rumah produksi membayar terlebih dulu para aktor, dan menunda pembayaran kru. Akibatnya waktu rilisnya pun mundur. 

Baca juga: The Intouchables, Film Drama Yang Menyentuh

Di Indonesia, The Swordsman tayang pertama kali dalam acara Korea-Indonesia Film Festival (KIFF) di Bandung, pada 28-31 Oktober 2020. Keterlibatan Joe Taslim tentunya menjadi magnet tersendiri untuk pecinta film di Indonesia. Meski yaa..karena masa pandemi, barangkali tak seramai pada masa normal. 

Belum nonton? Tonton deh sambil malam mingguan.. 😊

No comments