Man From Nowhere, Film Action Korea Dengan Banyak Penghargaan


Sebetulnya ini film sudah tonton dua tahunan lalu. Lupa dapat film itu dari mana. Dan ga tahu juga kalau itu film Korea, awalnya. Gara-gara beberapa waktu lalu, cari bahan siaran, dan menemukan film ini ada dalam list Top 100 Best Spy Fi Movies versi IMDB, jadilah iseng bikin catatan.

Bisa dibilang The Man From Nowhere adalah film Korea pertama yang kutonton. Itu pun tak sengaja. Sementara, konon kata kawan-kawan, Korea terkenal dengan film drama yang mengharu-biru dan mengaduk perasaan. Nah, yang kutonton malah film action. Yang kemudian bikin ‘oooh..’ adalah menjumpai film ini di IMDB mendapatkan rating yang terhitung tinggi, yakni 7,8. Sejajar dengan The Day of The Jackal (Fred Zinnemann/1973), The 39 Step (Alfred Hitchcock/1935), Black Book (Paul Verhoeven/2006), Taken I (Pierre Morel/2008). Sedangkan Argo (Ben Affleck/2012) dan Kingsman: The Secret Service (Matthew Vaughn/2014) mendapatkan rating 7,7. Rating film ini hanya 1 angka di bawah The Bourne Identity (Doug Liman/2002).

Adalah Cha Tae Sik (Won Bin), laki-laki misterius yang kurus, kucel, dan tampak tak terurus. Tinggalnya pun di sebuah rusun kumuh. Ia sosok lelaki yang terlihat tak peduli dengan sekitar, dan sepertinya juga tak terlalu diperhatikan oleh lingkungan sekitar. Kecuali bocah perempuan bernama Jeong So-Mi  (Kim Sae Ron). Gadis kecil ini tinggal bersama ibunya yang adalah pecandu narkoba. Memiliki ibu yang bekerja di tempat hiburan, jarang di rumah dan berkomunikasi, membuat gadis kecil ini tersisih dari pergaulannya. Lelaki penyendiri dan gadis kecil terabaikan inipun kemudian menjadi teman. Tae Sik sering memberi tumpangan dan makanannya pada si gadis yang sering dianggap nakal ini. 

Adegan awal masih terasa manis; komunikasi yang manis antara dua orang lawan jenis beda umur, dan penampakan sosok misterius yang manis dari Won Bin. Ya ya ya, kurasa aku lebih suka dia tampil berantakan dibandingkan versi rapi. Terkesan lebih misterius. Ketegangan saat ada gank mafia yang mencari pencuri heroin yang diduga adalah sang ibu. Tae Sik akhirnya terlibat karena benda yang dicari dititipkan ke pegadaian miliknya. Pun karena ke-taktegaan-nya akan nasib sang bocah. Pada proses ini mulai dibuka siapa sesungguhnya Tae Sik. Lelaki misterius yang ternyata memiliki masa lalu pilu. Mulai ditunjukkan pula keahliannya bela diri dan mengendus musuh. Pertempuran pun tak terelakkan. Terlihat sangat heroik memang. Mafia yang tak hanya mengedarkan narkoba tapi juga berdagang organ manusia, dengan jajaran anggota gank yang bejibun, dilawan sendiri oleh sang tokoh ganteng ini. 

Belakangan aku suka nonton kembali film-film action lama, ketika butuh hiburan dan tak pengen terlalu mikir. Film ini sama asiknya. Malah, cukup mengagetkan buatku, karena sebelumnya tak pernah nonton film Korea. Chemistry Won Bin dan Kim Sae Ron terpadu dengan baik. Ditambah lagi dengan dialog-dialog sederhana yang menarik. Selebihnya sih, ga bagus-bagus amat juga, so-so lah, tapi tetap menarik sebagai sebuah film aksi. 

The Man from Nowhere berhasil mendominasi berbagai ajang penghargaan, baik di Korea maupun dunia pada 2010. Film besutan sutradara Lee Jeong Beom yang juga dikenal dengan ‘Ahjeossi’ ini berhasil menembus angka 6,3 juta penonton dan berhasil menduduki peringkat 16 film box office Korea sepanjang masa menurut Korean Film Council. Kedua pemeran utama, Won Bin dan Kim Sae Ron diganjar penghargaan. Perannya sebagai agen rahasia di film ini tujuh penghargaan sebagai Best Actor dalam enam ajang penghargaan film berbeda selama tahun 2010-2011. Sedangkan si kecil Kim Sae Ron menyabet gelar Best New Actress dalam Korean Film Awards 2010.

No comments