Manfaat Ampas Kopi untuk Kulit Wajah

Tahun lalu, saat gawe di sebuah kantor yang salah satu bidang garapannya adalah produk kecantikan, aku kebagian mengurus konten. Menyiapkan, menyusun, dan membagikan materi seputar produk dan aneka tips serta informasi lain ke beberapa media perusahaan. Termasuk di antaranya adalah pemanfaatan si ampas kopi untuk perawatan tubuh dan wajah ini. Dicoba sendiri? Nggggg... dicoba, siiiih, tapi nggak rajin 😀 Nah beberapa waktu terakhir ini diniatkan untuk betul-betul mencoba aneka tips yang pernah kutuliskan tersebut.



Baca juga: Facial di Holistik Estetika, Me Time di Masa Pandemi

Aku, tiada hari tanpa ngopi. Bahkan dalam sehari bisa dua hingga tiga kali ngopi, jika tubuh masih meminta diri terjaga karena banyak yang perlu dikerjakan. Kamu, begitu juga, bukan? Artinya, akan selalu ada ampas kopi yang tak terpakai. Kalau bisa dimanfaatkan, kenapa tidak? Jadi, coba kutuliskan di sini, biar kayak emak blogger yang piawai membuat catatan tentang dunia kecantikan 😊


Jangan Sia-siakan Ampas Kopi

Dari beberapa referensi rujukan, ampas kopi masih memberikan manfaat. Kandungan aktioksidan dalam bentuk polifenol dan flavonoid dalam kopi, cukup tinggi. Kedua senyawa tersebut punya peran dalam melindungi wajah dari efek buruk radikal bebas dan menjadikan kulit lebih cerah. Jika tak cukup waktu untuk mengerjakan yang rumit, cukup menjadikan ampas kopi sebagai scrub, secara langsung, terasa sekali, lo, bedanya. 

Tapi, sesekali ambil waktu untuk mengolahnya agar lebih kaya manfaat. Ini dia beberapa di antaranya yang kuambil dari beberapa referensi, menjadikan ampas kopi sebagai bahan masker wajah. Sebagiannya sudah pernah kucoba.


Ampas kopi dan susu

Di berbagai belahan dunia, susu telah lama dimanfaatkan sebagai bahan alami pemutih kulit. Terutama oleh para oleh perempuan di Timur Tengah. 

Bahan:

1 sdm susu bubuk

2 sdm ampas kopi

air secukupnya


Cara membuat dan mengaplikasikan:

Campurkan semua bahan secara merata hingga menyerupai pasta. Untuk penggunaan, cukup balurkan tipis-tipis ke permukaan wajah. Diamkan selama lebih kurang 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Masker kopi susu ini bisa dipakai 2 hingga 3 kali dalam seminggu.


Ampas kopi dan minyak zaitun

Vitamin E dalam minyak zaitun memberikan manfaat menyehatkan kulit.

Bahan:

1 sdm ampas kopi

1/2 sdm minyak zaitun


Cara membuat dan mengaplikasikan:

Campurkan kedua bahan, aduk rata. Tak perlu menunggu, bisa langsung diaplikasikan ke kulit wajah. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.  Campuran ini dapat dipakai 2 hingga 3 kali, bermanfaat membantu wajah terbebas dari masalah kusam atau jerawat.


Ampas kopi, madu, dan oatmeal 

Bahan:

1 sdm ampas kopi

1 sdm madu

1 sdm oatmeal


Cara membuat dan mengaplikasikan: 

Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk, aduk rata. Oleskan ke permukaan wajah secara merata, biarkan mengering, lalu bilas dengan air.

Campuran bahan-bahan di atas dapat membantu atasi flek hitam. Kandungan antioksidan dalam kopi, selain mencerahkan juga dapat mengecilkan pori-pori. Oatmeal bertugas mengangkat sel kulit mati, sedangkan madu menghidrasi kulit.

Baca juga: Dandan Anti Ribet dengan Scarlett Serum


Ampas kopi dan jeruk nipis atau lemon

Bahan:

2 sdm ampas kopi

air secukupnya

perasan lemon secukupnya


Cara membuat dan mengaplikasikannya: 

Aduk merata kopi dan air, tambahkan perasan air jeruk nipis atau lemon. Kembali aduk. Campuran sudah siap untuk dijadikan masker. 

Jeruk nipis atau lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Kombinasi bahan-bahan ini, selain mencerahkan kulit, juga merangsang produksi kolagen. Seperti kita tahu, kolagen bertugas menjaga elastisitas kulit. Pakai masker ini 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.


Ampas kopi dan putih telur 

Campuran ini membantu kulit terlihat lebih putih bersih. Tapi hati-hati, bukan untuk kulit kering. Campuran ini manfaatnya mengontrol minyak yang berlebih pada kulit. 

Bahan:

1 sdm ampas kopi

1 butir putih telor

air secukupnya


Cara membuat dan mengaplikasikan: 

Aduk rata putih telor dengan ampas kopi. Tambahkan air jika dirasa terlalu kental. Aplikasikan campuran ini ke kulit wajah, tunggu hingga kering dan bertahan 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air hingga bersih. Ulangi pemakaian 2 hingga 3 kali dalam seminggu.


Ampas kopi dan plain yogurt

Campuran ini fungsinya mirip dengan campuran putih telor. Bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak hingga berjerawat. 

Bahan:

1 sdm ampas kopi

1 sdm plain yogurt


Cara membuat dan mengaplikasikan:

Buat campuran dari kedua bahan hingga menyerupai pasta. Campuran ini bisa langsung diaplikasikan ke kulit wajah. Biarkan mengering, lalu bilas hingga bersih. 

Plain yogurt mengandung senyawa alpha hidroxy acid, baik dalam mengangkat sel kulit mati dan mengatasi jerawat. 


Nggak susah, kan? Kurasa hampir semua bahan mudah mendapatkannya. Bisa jadi sebagiannya malah telah tersedia rutin di rumah. Jadi, mulai hari ini, tiap usai ngopi, jangan sia-siakan ampasnya, ya. Manfaatkan sebagai masker untuk merawat wajah. Bisa menjadikannya scrub, jika butiran bubuk kopinya lebih kasar. Serius, loh, enak di kulit!


Baca juga: Coba Pond's Beauty Triple Glow Pasca Isoman



No comments