Passengers, Film Thriller yang Manis

Tak sengaja nonton film ini. Awalnya hanya menduga cerita romance dengan latar peristiwa kecelakaan pesawat saja. Ujungnya agak mengejutkan, dan menyisakan ruang kosong. Mengejutkan karena tak menduga kalau film ini dimaksudkan sebagai film thriller/misteri. Ruang kosong karena menyisakan beberapa pertanyaan. Passengers, film dengan pemeran utama Anne Hathaway dan Patrick Wilson yang rilis tahun 2008.



Baca juga: Dallas Buyers Club, Perjuangan Hidup Pengidap HIV-AIDS

Filmnya sudah berumur 16 tahun tapi tak pernah baca sedikit pun. Yang sempat aku tahu malah The Passengers yang rilis tahun 2016 dan dibintangi Jennifer Lawrence dan Christ Pratt. 

Sinopsis

Film ini mengisahkan peristiwa kecelakaan tragis yang menimpa sebuah pesawat terbang. Seluruh penumpang tewas, kecuali 10 orang. Beberapa dari sepuluh orang inilah yang menjadi pembuka adegan. Konsultasi dengan psikiater cantik, Claire Summers (Anne Hathaway) sebagai upaya mengatasi masa post-trauma pasca kecelakaan tersebut. Masing-masing korban memiliki versinya sendiri terkait pengalaman terakhir sebelum pesawat yang mereka tumpangi jatuh. Versi berbeda-beda yang memusingkan Claire.

Di antara penumpang yang selamat itu adalah Eric (Patrick Wilson), sosok ganteng yang mencuri perhatian Claire. Awalnya, seperti halnya penumpang lain dengan segala keanehannya, Claire berusaha memahami si lelaki yang tak kalah aneh ini. Sosok yang membuatnya khawatir sekaligus penasaran. Intensitas komunikasi mereka sebagai psikiater dan pasien membuahkan sesuatu yang berbeda. Mereka saling jatuh cinta. Claire sudah melewati batas profesionalnya. 

Dalam upaya mencari kebenaran di balik penyebab peristiwa kecelakaan tersebut, muncullah fakta-fakta yang ganjil. Sekali waktu terasa mencekam dan misterius, hingga akhirnya terkuaklah fakta yang sesungguhnya. Claire berhasil mengungkap sendiri misteri yang menyelimuti peristiwa kecelakaan pesawat tersebut. Bahwa mereka semua adalah korban. Bahwa mereka semua sudah berada di alam lain.

Baca juga: The Intouchables, Film yang Hangat tentang Relasi Manusia


Oh, Film Thriller, to?

Berhubung memang blank tentang film ini, tak tahu betul dan genre-nya. Baru tahu kalau film ini masuk dalam kategori thriller. Yang kurasakan, sih, ya nggak ada seram-seramnya. Tidak menegangkan juga. Yang lebih tertangkap justru romansa percintaan sang psikiater dan pasiennya. 

Ada titik pertama yang memunculkan rasa seram. Yaitu ketika sesi konsultasi bersama, ada sosok yang melihat dari kejauhan. Apakah itu hantu? Apakah itu korban yang mengalami sakit jiwa? Begitu pula saat para korban menghilang satu per satu berbarengan dengan kedekatan Claire dengan Eric, lalu kemunculan anjing yang ganjil. Pun dengan kemarahan-kemarahan yang ditampilkan sang pilot, sempat membuatku berspekulasi ini dan itu. Nyatanya, kecele. 

Bagi penggemar thriller sudah dipastikan kecewa dengan film garapan sutradara Rodrigo Garcia ini. Tapi, paling tidak, meski tak memenuhi ekspektasi, para pemain, Anne Hathaway, Patrick Wilson, serta pemeran pendukung seperti Dianne Wiest, Clea Duvall, dan David Morse melakukan tugasnya dengan baik. 

Buatku yang nonton tanpa sengaja, tanpa ekspektasi sama sekali, nggak terlalu masalah. Masih asyik-asyik saja, cukup menghibur, meski memang terasa beberapa bolongnya. Terlalu sederhana untuk sebuah peristiwa kecelakaan besar yang menyebabkan kematian ratusan orang. Jadi, cukuplah aku menganggap ini sebagai film romance. Yang bahkan di ujungnya menyisakan ruang hampa tentang cinta yang (seolah) tak nyata. Mereka saling jatuh cinta, ternyata sudah berada di dunia yang tak riil. Lalu memunculkan pertanyaan-pertanyaan lain: betulkah dunia yang "itu" tidak riil? Yang menganggap itu sebagai realitas nyata dan bukan adalah kita yang ada di alam sadar kita sekarang. Bisa jadi ada di alam sadar yang lain, di luar kesadaran kita. Ya, beberapa pertanyaan itu dan pertanyaan lain masih memenuhi kepalaku sampai beberapa hari berikutnya. Haha!

Baca juga: Film Mafia yang Perlu Dijadikan Teman Malem Mingguan


Judul: Passengers

Tahun rilis: 2008

Sutradara: Rodrigo Garcia

Produser: Joseph Drake 

Naskah: Ronnie Christensen

Pemain: Anne Hathaway,Patrick Wilson, Clea DuVall, Andre Braugher, David Morse, Dianne Wiest 

Musik: Ed Shearmur 

Sinematografi: Igor Jadue-Lillo 

Editing: Thom Noble 

Distribusi: TriStar Pictures 

Durasi: 93 menit


No comments