Film Mafia Yang Perlu Dipilih Sebagai Teman Bermalam Minggu

Kisah mafia menjadi salah satu tema yang masuk dalam box koleksi saya. Pada tahun-tahun mulai asik nonton, pilihan saya memang tak jauh dari pemeran The Godfather yang saya gandrungi, Robert De Niro dan Al Pacino. Jadi jangan heran kalau film mereka mendominasi daftar koleksi saya.

1. The Godfather

Film ini masih jadi yang terbaik di tengah hadirnya film-film bertema sama yang masih marak hingga tahun-tahun ke belakang. Potongan-potongan dialognya muncul pada film-film lain. Dikutip pula menjadi quote-quote yang bertebaran di media online dan media sosial.

The Godfather disutradarai oleh Francis Ford Coppola. Dari film pertama lantas berkembang menjadi film kedua dan ketiga. Pada film pertama, kisah terpusat pada Vito Corleone (Marlon Brando), sang pemimpin mafia paling ditakuti di Amerika. Ia berusaha menghindari perang dingin yang biasanya terjadi antar keluarga mafia. Sayangnya, di tengah upayanya tersebut, ia malah tertembak dan harus dalam pelayanan medis. 

Baca juga: Selamat Jalan, Sean Connery

Perannya sebagai gembong mafia lantas digantikan oleh anak-anaknya. Adalah Sonny (James Caan), Michael (Al Pacino), Fredo (John Cazale), dan Connie Corleone (Talia Shire) yang mencoba masing-masing mengambil peran. 

Bukan film mafia kalau tak ada kekerasan dan pertumpahan darah. Film penuh dengan adegan berdarah yang mendapatkan apresiasi tinggi. Academy Award jatuh kepada Marlon Brando untuk kategori Aktor Terbaik, Golden Globe AWard untuk kategori Skenario Film Terbaik, British Academy Film Award untuk kategori Musik Film Terbaik, dan beberapa penghargaan lainnya.

Rating IMDb: 9,2/10

Durasi film: 178 menit


2. Scarface (1983)

Al Pacino hadir kembali dalam film bertema mafia. Apakah sosok yang tampil menyerupai Michael Corleone, tokoh yang diperankannya dalam The Godfather? Tidak tentu saja. Al Pacino memiliki kualitas akting, menjalankan peran yang diberikan padanya -sebagai Tony Montana, dengan baik. Bahkan ia berhasil diganjar Golden Globe Award untuk kategori Aktor Terbaik. 

Film garapan Brian De Palma ini juga menyampaikan pesan moral tentang 'uang bukanlah segalanya'. Bahwa kebahagiaan tak bisa dibeli dengan uang.

Rating IMDb: 8,3/10

Durasi film: 170 menit

Baca juga: The Swordsman, Adu Akting JOe Taslim dan Jang Hyuk


3. Once Upon a Time in America (1984)

Sosok lain yang juga muncul di film The Godfather, Robert De Niro, menjadi pemeran utama di film ini. Once Upon a Time in America, film yang berkisah tentang kehidupan Noodles (Scott Tiller) yang diperankan oleh De Niro). Bersama pemuda-pemuda jalanan lainnya, Patrick "Patsy" Goldberg (Brian Bloom), Phillip "juling "Stein (Adrian Curran), Maximilian Bercovicz (Rusty Jacobs), Little Dominic, dan Fat Moe (Mike Monetti), ia berjuang dan bertahan hidup ala mafia. Mereka mengumpulkan uang hasil 'pekerjaan' di loker sebuah stasiun.

Persaingan antar gank, pada saatnya mengantarkan mereka pada peristiwa berdarah. Little Dominic tewas tertembak. Janji untuk selalu bersama dan saling menjaga, membuat  Noodles membuat aksi balas dendam. Aksi yang membuatnya tertangkap polisi dan dipenjara. 

Bebas dari penjara, Noodles mendapati kelompoknya ternyata telah berkembang menjadi sebuah kelompok mafia besar. Mereka berencana melakukan perampokan Bank Federal. Noodles menganggap rencana itu sebagai tindakan bunuh diri. Sebaliknya, kawan-kawannya menganggap ia kehilangan nyali. 

Rating IMDb: 8,7/10

Durasi film: 229 menit 

Baca juga: Dallas Buyers Club, Perjuangan Hidup Pengidap AIDS


4. Donnie Brasco (1997)

Lagi-lagi Al Pacino! Kalsi ini ia memerankan Donnie Brasco. Selain Pacino, film drama kejahatan garapan Mike Newell ini menampilkan Johnny Depp, Michael Madsen, Bruno Kirby, James Russo, dan Anne Heche. Naskah yang ditulis Paul Attanasio ini mengadaptasi buku non-fiksi karya Joseph D. Pistone dan Richard Woodley yang rilis pada 1988, 'Donnie Brasco: My Undercover Life in the Mafia'. 

Rating IMDb: 7,7/10

Durasi film: 127 menit


5. Goodfellas (1990)

Film ini merupakan adaptasi dari novel bertajuk Wiseguy karya Nicholas Pileggi. Kisahnya sendiri beranjak dari kejadian nyata, kehidupan gangster kenamaan di AS, Henrry Hill (Ray Liotta).

Baca juga: Gundala, Sebuah Harapan Baru Film Indonesia

Sejak kecil Henry memang bercita-cita menjadi mafia. Menurutnya, menjadi seorang gangster bebas melakukan apa pun yang diinginkan tanpa ada yang berani melawan. Berkat bantuan sejumlah orang, seperti Tuddy Cicero (Frank DiLeo) dan Paul Cicero (Paul Saviro), ia pun mulai merealisasikan cita-citanya tersebut. Berikutnya ia mulai berkenalan dengan gangster kenamaan, seperti Jimmy Conway (Robert De Niro) dan Tommy DeVito (Joe Pesci), yang lantas mengajaknya bekerja sama. 

Pada sebuah peristiwa perampokan, mereka terjebak dalam konflik yang melibatkan organisasi kriminal dan menjadikan segala sesuatunya lebih rumit. 

Goodfellas disutradarai oleh Martin Scorsese. 

Rating IMDb: 8.7/10

Durasi film: 2 jam 26


6. The Untouchable

Seperti halnya Goodfellas, film ini juga diangkat dari kisah nyata. Persisnya kisah Eliot Ness sebagai petugas kepolisian dan membukukan kisahnya dalam judul 'Untouchable' yang rilis pada 1957. Untouchable sendiri adalah nama tim yang dibentuk Ness untuk membawa Al Capone ke pengadilan. Saat itu ada larangan peredaran minuman keras, masa yang dikenal sebagai Prohibition Era di Amerika Serikat (1920-1933).

Di film ini, Ness diperankan oleh Kevin Costner. Aktor lain yang terlibat, Charles Martin Smith, Andy García, Robert De Niro, dan Sean Connery. The Untouchable masuk nominasi Academy Awards untuk empat kategori. Sean Connery memenangkannya untuk Aktor Pendukung Terbaik.

Rating IMDb: 7.9/10

Durasi film: 119 menit

Baca juga: The Intouchables, Film Yang Hangat Tentang Relasi Manusia


7. The Departed

The Departed, sebuah film mafia dengan akhir yang mengejutkan. Konon dianggap sebagai salah satu plot twist terbaik sepanjang masa.

Mengisahkan rencana polisi Massachusetts untuk menangkap gembong mafia terbesar Irlandia, Frank Costello (Jack Nicholson). Mereka menyusupkan salah satu anggota polisi, Billy Costigan (Leonardo Dicaprio). Sayangnya Frank bukan orang baru di dunia kejahatan. Ia malah lebih dulu menyusupkan anak buahnya ke dalam lingkungan kepolisian, Collin Sullivan (Matt Damon). Biar seru, tonton sendiri deh.. 

Film yang disutradarai Martin Scorsese ini berjaya di panggung penghargaan, di antaranya berhasil memboyong Academy Awards untuk kategori Film Terbaik (2007) dan Golden Globe Award untuk kategori Sutradara Terbaik (2007).

Rating IMDb: 8,5/10

Durasi: 151 menit

Baca juga: Black Book, Kisah Perjuangan Perempuan Yahudi


8. Public Enemies (2009)

Lagi, film mafia ini berangkat dari kisah nyata. Tentang seorang agen FBI Melvin Purvis yang mendapat tugas menangkap mafia John Dillinger, Baby Face Nelson, dan Pretty Boy Floyd. Mereka bertiga merupakan penjahat yang telah melakukan banyak perampokan sekaligus penghilangan nyawa orang. Ketiga penjahat kelas kakap tersebut menjadi buronan karena telah melakukan perampokan bank dan membunuh banyak nyawa.

Johnny Depp bertindak sebagai aktor utama, dan Michael Mann sebagai sutradara.

Rating IMDb: 7

Durasi: 140 menit 


9. The Man From Nowhere (2010)

Film Korea ini mengisahkan mantan agen CHA, Tae-shik yang sudah memilih kehidupan yang lain. Dikisahkan, ia berelasi dengan seorang gadis kecil yang menjadi tetangganya, So-mi. Suatu kali, ibu So-Mi, Hyo-jeong mencuri narkoba milik sindikat obat-obatan sekaligus bisnis trafficking. Tae-shik pun kena getahnya. 

Berikutnya film berisi aksi pembebasan Hyo-jeong dan So-Mi. Tae-shik yang sudah lama meninggalkan dunia keagenan, akhirnya nyebur kembali ke dalam aksi-aksi yang pernah dilakukannya di masa lalu. 

Rating IMDb: 7.8

Durasi: 119 menit

Baca selengkapnya: The Man From Nowhere, Film Korea Dengan Banyak Penghargaan


10. Eastern Promisses

Mengisahkan mafia Rusia yang bercokol di London. Sebuah peristiwa yang tak sengaja, mempertemukan Anna Khitrova (add) dengan salah satu pemimpin mafia Rusia, Vory v Zakone, Semyon.

Anna yang bekerja sebagai perawat di rumah sakit, tak menduga kalau hidupnya akan bersentuhan dengan dunia mafia. Berawal dari kasus ditemukannya perempuan muda yang melahirkan, lalu mati, dan berada dalam perawatannya, ia mencoba mencari tahu latar belakang si gadis dengan berbekal buku harian. Upaya tersebut mempertemukannya dengan Semyon dan keluarga Rusianya. Termasuk dengan agen pemerintah yang menyamar sebagai sopir keluarga tersebut. 

Rating IMDb: 7.6

Durasi: 100 menit

Baca selengkapnya: Eastern Promises, Film Tentang Mafia Rusia


Selamat nonton! 😍




1 comment

  1. Wah..filmnya banyak yang terinspirasi dari kisah nyata, ya.

    ReplyDelete