Kampas Rem Prima, Aman Berkendara

Perempuan sering kali dijadikan bahan becandaan saat bicara tentang kendaraan. Dari yang "sein kanan belok kiri" atau "emak-emak tak pernah salah". Ada pula meme yang menceritakan tentang perempuan muda yang mempertanyakan tentang oli yang harus ganti secara berkala. Cerita itu dikasih puch line: "mending uangnya dipakai beli seblak aja", yang menunjukkan betapa perempuan tak mengerti dunia otomotif. Apakah betul begitu? Pasti ada yang se-tak peduli itu, tapi banyak juga yang apik dalam merawat kendaraan. Aku sendiri tak begitu mengerti soal mesin kendaraan. Tapi kalau sekadar pentingnya oli atau kapan perlu ganti kampas rem, tentu saja paham.

Baca juga: Mengenal Sabotase Diri dan Mekanisme Koping

Kurasa, untuk sekadar tahu bahwa ada yang tak beres dengan kendaraan kita tak perlu menjadi ahli, tak perlu menguasai detail soal teori otomotif. Ada patokan sederhana yang bisa kita pegang. Apalagi jika kendaraan itu memang satu-satunya teman perjalanan kita. Sebegitu sudah membantu kita sepanjang waktu, masa kita nggak mengenali kebutuhan mereka? 


Rem dan Keselamatan Berkendara

Bicara soal rem, bicara soal keselamatan berkendara. Rem yang tidak berfungsi optimal akan berpotensi membuat kita celaka karena kendaraan tak bisa dikendalikan. Berapa sering kita mendengar atau membaca berita tentang kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh rem yang blong? Aku sendiri pernah beberapa kali mengalami. Tiga di antaranya cukup serius meski tidak berakibat fatal. Mengeluarkan biaya yang lumayan besar untuk perbaikan dan harus istirahat karena badan mengalami memar-memar. 

Sebetulnya aku cukup beruntung, karena menjadi orang yang tak segan bertanya. Selagi melakukan servis rutin, aku sering tanya hal-hal terkait perawatan motor. Terlebih si Beaty, motorku itu, sudah cukup berumur. Sehingga perlu perhatian ekstra, agar tak rewel. Bukan hanya manusia, motor pun perlu disayang-sayang. 

Yang kemudian menjadi masalah adalah eksekusi yang lambat. Sudah muncul gejala-gejala tidak beres dengan motor, tapi tak segera dilakukan perbaikan. Dalam kurun beberapa lama, setiap kali mengerem butuh kekuatan ekstra saat menariknya. Selain itu sudah muncul suara berdecit. Maka demikianlah, kecelakaan pun tak terhindarkan.

Salah satu yang menjadikan rem kita pakem adalah kampas rem. Pastikan komponen ini berfungsi dengan baik atau tidak aus. 

Baca juga: Menelisik Kepribadian lewat Numerologi Nama


Tanda Kampas Rem harus Segera Diganti 

Berbeda dengan oli yang penggunaannya dalam durasi relatif pendek, masa hidup kampas rem terbilang lama. Inilah yang sering menjadikan orang alpa untuk menggantinya. Bukan soal harga, karena harga kampas rem relatif terjangkau. So-so-lah dengan harga oli. Kampas rem motor sendiri fungsinya adalah menekan piringan cakram atau dinding tromol untuk menghentikan laju kendaraan. Pergesekan yang berlangsung terus menerus menjadikan kampas rem aus dan menipis. Ketika kampas rem sudah tipis, proses pengereman akhirnya tidak optimal. 

Dari berbagai referensi, kudapatkan rekomendasi penggantian kampas rem motor adalah jika kendaraan sudah menempuh jarak sekitar 32.000 km atau dalam kurun satu tahun. Tentu saja menyesuaikan kondisi lalu lintas dan medan jalanan yang dilalui. Makin sering dilakukan pengereman, makin cepat kampas rem menipis. 

Tanpa melihat angka meter dan kalkulasi frekuensi pengereman, ada beberapa tanda yang dapat kita jadikan patokan: 

  • Rem terasa kurang pakem
  • Tuas rem harus ditarik atau diinjak lebih kuat
  • Jarak pengereman yang makin jauh
  • Terdapat bunyi mendengung pada motor dengan rem tromol atau berdecit pada rem cakram saat dilakukan pengereman

Jika tanda itu mulai kita temukan, saatnya melakukan pengecekan. Buat yang mampu mengerjakannya sendiri, pengecekan mandiri kampas rem motor sebaiknya dilalukan rutin. Tanpa menunggu tanda. 

So, buat yang bisa menangani motornya sendiri, periksalah ketebalan kampas. Jika harus diganti, cek harga kampas rem, belanja, langsung ganti. Kalau tidak, ya serahkan saja ke ahlinya alias bawa ke bengkel. 

Ah, satu hal lagi. Selain terkait perangkat, keselamatan berlalu lintas juga terhubung langsung dengan kesadaran kita. Salah satu peristiwa kecelakaan yang kualami bukanlah semata soal rem. Namun karena kesadaran yang sedang mengawang-awang. Malaweung, kalau kata orang Sunda. Terbayang, kan, sudah mah malaweung, kampas rem aus? Celakanya dobel, hehe. Nah, kalau mau dapat layanan prima belanja kampas rem, bisa cek-cek Planetban. Tapi, tetap, soal jaga kesadaran saat berkendara adalah tanggung jawab pribadi.

Hati-hati berkendara, ya. Namaste.  

Baca juga: Kesadaran Spiritual 

15 comments

  1. Planet ban memang jadi primadona keluarga saya. Banyak jenis ban motor di planet ban dengan kualitas ori, selalu belanja di planet ban, sangat memuaskan baik dari segi pelayanan maupun produk yg dijual.

    ReplyDelete
  2. Aku suka geli sebenarnya membaca guyonan tentang cewek yang bahkan nggak mengerti urusan ganti oli.

    Karena biasanya aku sedikit memahami kalau motor juga butuh untuk mengganti oli secara berkala.

    Cuma memang kalau soal kampas rem, aku agak sulit mengetahuinya.

    Paling yang bisa kulakukan adalah saat waktunya ganti oli, aku akan bertanya pada mekaniknya soal apakah aku sudah perlu ganti kampas rem atau belum.

    ReplyDelete
  3. Memang terwajib bagi semua pengendara untuk aware seputar kebutuhan "Bestie"-nya termasuk ttg kampas rem
    Dah paling cucok PlanetBan yakkkk

    ReplyDelete
  4. Siapa tuh yang ngatain cewek gak ngerti mesin kendaraan? Sini hayo hadepin saya. Jangankan pengetahuan mesin (yang diakui oleh banyak montir di bengkel), ban kurang angin sedikit aja gue paham hahahaha. Apalagi urusan kampas rem. Gampang kok ngenalinnya. Kalo pas nginjak rem terasa kesat, berarti kampasnya udah minta diganti. Kadang juga suka menimbulkan bau anyep terbakar dari arah bawah, naahh bisa jadi datangnya dari kampas rem yang aus.

    ReplyDelete
  5. Sekarang emang Planet Ban makin keren. Bukan hanya sekedar fokus jualan aneka ban, planetban juga memudahkan masyarakat dalam hal spare-parts motor lainnya. Sukses terus Planetban.

    ReplyDelete
  6. hehehe Mbak Dhenok mah biasa berkendara sepeda motor
    Gak heran paham banget tentang kampas rem
    Eniwei tentang Planet Ban, ini tempat service anakku
    Setiap pulang ke Bandung, pasti bawa sepeda motor ke sini

    ReplyDelete
  7. Setuju
    Kampas rem adalah salah satu sparepart motor yang sangat penting
    Kalo terawat, maka perjalanan berkendara akan aman

    ReplyDelete
  8. Kampas rem ini jadi hal yang patut untuk diperhatikan ya, selain perintilan motor lainnya. Dan pastinya kudu telaten buat servisnya

    ReplyDelete
  9. buat seorang pengendara, kampas rem itu termasuk salah satu komponen kendaraan yg wajib rutin dicek sih krn berhubungan dgn keselamatan kita selama berkendara di jalan

    ReplyDelete
  10. Kampas rem benar-benar harus diperhatikan. Dulu pernah, karena gak memperhatikan kesehatan motor, pas di tanjakan ternyata kampas remnya bermasalah. Akhirnya gak mau ambil risiko, putar balik, gak jadi lanjutkan perjalanan

    ReplyDelete
  11. Setuju, setidaknya kita paham apa yg penting part kendaraan kita. Salah satunya rem. Aku juga baru paham kalau rem yang panas bisa bikin rem tersebut malafungsi atau jadi blong.

    ReplyDelete
  12. Jadi bisa belajar permotoran di tulisan Mba, sekarang banyak outlet Planet Ban , semoga makin rajin untuk merawat motornya

    ReplyDelete
  13. Servis motor paling nyaman di Planetban yaa..
    Yang kudu dicek banyak hal sih yaa.. tapi terutama kampas rem. Apalagi yang hobi satset melewati traffic luar biasa setiap hari. Akutu jaman kuliah, suka mefet-mefet gitu kalo berangkat kan yaa.. Jadi beneran se-penting itu priksa dan ganti kampas rem terbaik.

    ReplyDelete
  14. iya, motor yang selalu siap dan setia mengantar kita kemana-mana, emang perlu disayang-sayang. Dan kalau dikendarai udah terasa tak nyaman, pasti kita bisa merasakan kok. Pertanda ada yang nggak beres, jadi bisa deh di cek ke planet ban, biar ahlinya yang ngecek dan mencari penyebab tak nyamannya itu

    ReplyDelete
  15. Seru banget nih baca pengalaman soal perawatan kendaraan! Memang penting banget ya, biar kita tetap aman di jalan. Kampas rem itu memang sering terlupakan, padahal krusial buat keselamatan. Setuju banget, nggak perlu ahli buat tahu ada yang nggak beres sama motor kita. Terima kasih infonya, jadi makin paham pentingnya perawatan rutin.

    ReplyDelete