Menelisik Kepribadian melalui Numerologi Nama

Berdasarkan numerologi, setiap nama memiliki arti dan karakternya sendiri. Numerik nama juga memengaruhi perkembangan aspek kehidupan kita. Bagi yang mempercayainya, tentu saja. Buatku, adalah keseruan tersendiri untuk coba mencermati karakter seseorang dari angka numerik namanya. Mau coba?



Baca juga: Mengenali Diri Sendiri lewat Model Johari Window

Pada masa lalu, orang tua memberikan nama bagi anak-anaknya dengan banyak pertimbangan dan perhitungan. Meski demikian, meski nama kita dulu bukan hasil hitungan cermat orang tua, kita bisa coba untuk mengenali diri kita melalui cara ini. 

So, apa yang perlu kita lakukan?

Langkah pertama adalah mengubah huruf dalam nama menjadi angka. Caranya, buat urutan angka dan huruf seperti di bawah ini:


Langkah kedua, berdasarkan angka dari masing-masing huruf di atas, buat susunan nama kita masing-masing. Nama lengkap, ya. Boleh ambil versi nama yang biasa dipublikasikan. Tapi yang utama nama lengkap atau resmi kita seperti yang tercantum di KTP atau dokumen resmi lainnya. Aku menghitung keduanya, nama lengkap dan nama yang dipakai di keseharian. Contoh pencantuman angkanya seperti ini:



Langkah ketiga, tambahkan semua angka hingga menjadi angka terakhir.


Langkah keempat, buatlah angka total terakhir itu menjadi satu angka saja. Ada pengecualian untuk angka tertentu, yakni yang disebut sebagai "Angka Master". Angka ini dibiarkan tetap tersusun atas 2 angka. Angka Master ini adalah angka 11, 22, dan 33. Jika ketemu tiga angka ini, tak perlu dijumlahkan. Langsung dimasukkan dalam hitungan. Dalam numerologi tertentu, angka ini bisa disederhanakan. Namun secara umum, tetap dibiarkan sebagai angka kembar. 


Baca juga: Memilih Batu Kristal yang Sesuai Energi Kita

Ada cukup banyak versi dari penerjemahan angka-angka tersebut. Namun secara umum, secara garis besar, deskripsi utamanya sama. Ini dia: 

1 – Pemrakarsa, pelopor, pemimpin, bebas, pekerja keras, individualis

2 – Mudah bekerja sama, beradaptasi, bermitra, memperhatikan orang lain, penengah

3 – Ekspresif, mudah berbicara, bersosialisasi, seni dan menikmati hidup

4 – Mengutamakan prinsip, keteraturan, pelayanan, sulit menerima batasan dan perkembangan yang mapan

5 – Ekspansif, visioner, petualang, menggunakan kebebasan dengan cara konstruktif

6 – Bertanggung jawab, melindungi, merawat, bermasyarakat, seimbang, simpatik

7 – Analitis, memahami, pengetahuan, senang belajar, bermeditasi, penuh kesadaran

8 – Berusaha secara praktis, berorientasi terhadap status, pencari kekuasaan, bertujuan pada materi

9 – Peduli sesama, dermawan, tidak mementingkan diri sendiri, patuh terhadap kewajiban, ekspresi kreatif

11 – Tingkat spiritual tinggi, intuitif, tercerahkan, idealis, pemimpi

22 – Berjiwa pembangun, pekerja keras, kuat, pemimpin

Gimana, sudah ketemu penjelasan untuk angka namanya? Tunggu, masih ada hitungan lainnya, yakni menemukan angka jiwa dan kepribadian. 

Angka jiwa menggambarkan apa yang kita sukai dan tidak sukai, serta hasrat terdalam kita. Caranya dengan memberikan angka hanya untuk huruf vokal pada nama depan dan belakang. Jumlahkan dengan proses penjumlahan yang sama, hingga ketemu angka paling sederhana. 

Angka kepribadian menggambarkan impian terdalam kita. Caranya dengan memberikan angka hanya untuk huruf konsonan pada nama depan dan belakang. Jumlahkan dengan proses penjumlahan yang sama, hingga ketemu angka paling sederhana. 

Numerologi ini tentu saja bukan penentu kepribadian kita. Ada banyak sekali faktor lain yang menentukan sifat dan kepribadian kita. Dan aku akan dengan senang hati membagikannya di sini. Namaste.

Baca juga: Mengenal Sabotase Diri dan Mekanisme Kopig

No comments