Memilih Batu Kristal yang Selaras dengan Energi Kita

Sudah beberapa tahun terakhir batu kristal populer dalam masyarakat kita. Baik sebagai bagian dari aksesori maupun penggunaannya bagi kesehatan. Yup, batu kristal diyakini mampu membantu proses penyembuhan, baik terkait kesehatan pikiran, tubuh, dan mental. Batu kristal dianggap memiliki energi yang berpotensi meningkatkan energi positif dan sebaliknya, membuang energi negatif dalam tubuh. Masing-masing batu kristal memiliki karakteristik yang jika dipakai oleh individu dengan karakter tertentu yang selaras, dapat berfungsi lebih optimal. Bagaimana cara memilihnya?


Baca juga: Empati dan Seni Berkomunikasi

Ada banyak referensi yang menyebutkan batu kristal jenis tertentu cocok dengan individu yang lahir bulan tertentu, atau di bawah zodiak atau shio tertentu. Apa betul demikian? Bisa iya, bisa pula tidak. Karena jika bicara tentang energi, titik berangkatnya juga dari energi. Bahwa orang dengan bulan lahir, zodiak, atau shio sama memiliki energi yang sama. Bahkan mereka yang memiliki tanggal lahir persis pun, belum tentu energinya sama. Masih banyak hal-hal yang mempengaruhi energi seseorang.

Berikut ini karakteristik sejumlah batu kristal yang kukutipkan dari buku Crystals Book. Untuk yang tersedia dalam istilah bahasa Indonesia, namanya disertakan. Untuk yang aku sendiri masih tak cukup familiar untuk batu kristal di lokal Indonesia, namanya tetap dibiarkan sesuai buku. Bisa bantu koreksi untuk para penggemar batu kristal. Diduga ada ribuan macam kristal di planet kita ini dan tak semuanya tercatatkan. 

Agate (Akik)

Warna serta spektrumnya beragam. Dikenal juga sebagai batu kuarsa. Banyak dimanfaatkan untuk penyembuhan dalam konteks spiritual dan untuk membersihkan chakra. 

Amethyst (Kecubung)

Warnanya mulai ungu muda hingga gelap. Perlindungan. Meningkatkan intuisi dan membantu kita mengingat mimpi. Merangsang hormon, menenangkan sistem saraf, dan bantu redakan gangguan pada sistem pencernaan, jantung, dan pendengaran. Baik untuk insomnia, tulang, lambung, kulit dan gigi.

Angelite/Anhydrite

Warnanya biru pucat. Energinya dapat menjadi penyeimbang antara tubuh fisik dan spiritual. Sering digunakan untuk mengatasi gangguan fisik dan komunikasi.

Apatite

Biasanya berwarna hijau, tetapi bisa juga berwarna kuning, biru, cokelat, cokelat kemerahan, dan ungu. Apatite adalah batu untuk keseimbangan, tepat untuk bantu seimbangkan tubuh emosional, mental, fisik, dan spiritual. Sering juga digunakan untuk menurunkan berat badan.

Apophyllite

Transparan, namun juga ditemukan dalam warna putih, hijau, kuning, merah muda ungu, dan cokelat, meski jarang. Digunakan untuk menghemat dan meremajakan energi.  Di wilayah kesadaran dimanfaatkan untuk membantu capai tingkat kesadaran spiritual tertinggi.

Aquamarine

Berwarna biru muda. Sering diaggap sebagai batu kegembiraan dan kebahagiaan. Melindungi pelancong. Membantu melihat melalui orang. Untuk kesehatan fisik, baik bagik telinga, hidung, dan tenggorokan, limpa, jantung, dan sistem kekebalan tubuh, serta alergi pernapasan.

Aragonite

Putih, tidak berwarna tetapi dengan semburat merah, kuning, oranye, dan cokelat. Meningkatkan kesabaran dan stabilitas. Juga digunakan untuk terapi rambut rontok dan kulit.

Baca juga:

Berhati-hatilah dengan Siapa Kamu Bercinta

Doa, Meditasi, dan Vibrasi Energi


Aventurine

Warna tersedia dalam berbagai nuansa hijau. Digunakan untuk keseimbangan emosional. Juga untuk mengobati gangguan pada paru-paru, jantung, kelenjar adrenal, dan otot.

Black obsidian 

Warnanya dalam gradasi hijau tua, cokelat tua, atau hitam. Mendorong stabilitas dan melindungi terhadap energi negatif.

Black tourmaline

Hitam, bisa marmer dengan abu-abu atau cokelat. Perlindungan di semua tingkatan. Mengusir dan memurnikan energi negatif. Merangsang kelenjar adrenal dan titik refleksi punggung bawah. Digunakan untuk membantu pengobatan arthritis, penyakit jantung, dan disleksia.

Heliotrope

Bervariasi, mulai dari hijau tua hingga hitam kehijauan dengan tanda merah. Stabilitas, konsentrasi, perlindungan, dan kemakmuran. Meredakan kecemasan dan depresi. Bekerja dengan darah dan sumsum tulang untuk memperkuat darah. Juga baik untuk menstabilkan ketidakseimbangan hormon perempuan.

Blue dumortierite

Denim biru, atau bisa juga berwarna ungu dan coklat merah muda. Bekerja pada emosi dan kreativitas. Beroperasi dengan mata ketiga dan penelitian psikis.

Calcite

Biasanya berwarna putih atau tidak berwarna dengan semburat kuning, oranye, biru, merah muda, merah, hijau, coklat, hitam, atau abu-abu. Kadang berwarna-warni. Meningkatkan tingkat getaran dan meningkatkan penyembuhan lebih cepat dalam tubuh.

Cornaline

Warnanya berkisar dari oranye hingga koral, merah dan cokelat. Dianggap sebagai batu “keberuntungan”. Melindungi dari kemarahan dan kecemburuan. Membantu mengekspresikan keinginan seseorang. Dapat menenangkan kesedihan dan menyembuhkan luka secara fisik, meremajakan jaringan dan sel, serta mengobati pilek, alergi, dan neuralgia. Diyakini bisa membantu merangsang hasrat seksual.

Cat’s eye (Mata kucing)

Warnanya berkisar dari madu hingga kuning, hijau, dan cokelat. Merangsang intuisi dan kesadaran. Menghilangkan energi yang tidak diinginkan, dan banyak dimanfaatkan sebagai perlindungan.

Celestite 

Dalam gradasi warna biru muda hingga biru baja dan abu-abu, kadang berbutir kuning dan merah. Memunculkan energi positif, membantu menghilangkan kekhawatiran dan keputusasaan, serta meningkatkan kecerdasan. Menyelaraskan energi dalam tubuh dan membantu pengalaman keluar tubuh.

Untuk tubuh fisik, dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pendengaran dan penglihatan, serta malfungsi mental dan menghilangkan racun. 

Chalcedony (mewakili keluarga besar batu dengan banyak sifat yang sama)

Warna berkisar di seluruh spektrum. Termasuk batu akik, jasper, heliotrop, cornelian, dan onyx. Membantu menghilangkan rasa takut, histeria, depresi, penyakit mental dan kesedihan. Mengurangi suhu tinggi. Baik untuk mata. Mendorong stabilitas dalam praktik ritual.

Baca juga:

Olah Tubuh ala Falun Gong

Manifestasi, Upaya Mengaktifkan Pikiran Bawah Sadar


Chiastolite atau Cross Stone

Warna berkisar dari putih hingga cokelat, hijau, merah, dan oranye dengan bentuk salib yang terlihat. Batu harmoni, keseimbangan dan stabilitas mental, intelektual dan emosional. Baik untuk darah, pembuluh darah dan masalah pernapasan. Menyeimbangkan energi chakra.

Chlorite (Klorit)

Sebagian besar berwarna hijau, tetapi bisa berwarna putih, kuning, merah, lavendel, atau hitam. Salah satu batu penyembuhan yang paling disukai untuk segala jenis kepositifan.

Citrine

Berkisar dari kuning sinar matahari hingga oranye. Dikenal sebagai batu ekspresi. Membantu menghilangkan kemarahan, memberi optimisme, membantu pencernaan dan kejernihan mental.

Diamond (Berlian)

Semua spektrum putih. Semakin banyak cahaya yang menyinari, semakin banyak pula cahaya putih yang dipancarkan. Ada beberapa berlian yang sangat langka yang berwarna kuning, coklat, hitam, merah muda atau biru. Dikenal sebagai batu kepolosan dan kemurnian. Menarik hal positif dan keberuntungan, membantu kreativitas, meningkatkan kapasitas psikis dan mendorong keselarasan dan keseimbangan.

Dolomite

Sebagian besar berwarna putih, tetapi bisa juga berwarna kuning, merah muda, abu-abu, coklat, atau hitam. Batu ini khusus diperuntukkan untuk menyembuhkan depresi. Ini membantu menghilangkan kesedihan. Digunakan untuk menyelaraskan dan menyeimbangkan berbagai energi dan menghilangkan penyumbatan. Dapat digunakan untuk kebocoran energi dari chakra. Juga membantu menyusun kembali otot, darah, tulang, gigi, kuku, dan rambut.

Emerald (Zamrud)

Berbagai corak hijau, beberapa menampilkan kuning dan biru. Dikenal sebagai "batu kesuksesan dalam cinta". Membawa kebahagiaan rumah tangga sekaligus kesetiaan dan kepekaan. Membawa keselarasan pada berbagai aspek kehidupan seseorang. Membantu komunikasi. Baik untuk kesuburan dan penglihatan.

Fluorite

Berkisar dari warna ungu muda hingga biru, hijau, kuning, cokelat, merah jambu, hitam, oranye kemerahan, dan tidak berwarna. Punya fungsi memberikan peringatan akan adanya energi yang tak diinginkan. Sering dimanfaatkan untuk menyeimbangkan energi dan menyerap energi yang bertentangan. 

Geodes

Berbagai warna, dari transparan hingga putih, ungu muda, biru, dan abu-abu smoky. Geode perlu dibuka untuk melihat warnanya. Kristal ini dapat membantu kita melihat gambaran umum suatu situasi, sehingga bisa dapat mengambil keputusan dengan lebih cepat. Persentuhan dengan batu ini dapat membantu menghemat energi kita. 

Garnet (Merah delima)

Semua coraknya merah, dari merah sampai cokelat kemerahan, ungu kemerahan dan sangat gelap, hampir hitam, merah. Diyakini sebagai batu kesehatan. Mengubah energi negatif menjadi energi positif. Membantu sirkulasi, serta paru-paru dan jantung. Mendetoksifikasi dan memperkuat darah. Membantu melawan kelelahan dan peradangan serta mengembalikan keseimbangan.

Galena

Berbagai corak mulai dari abu-abu timah hingga perak dan hitam. Dianggap sebagai batu harmoni. Bantu atasi keinginan dan perasaan membatasi diri.

Howlite

Putih dengan urat hitam atau abu-abu. Memunculkan perasaan tenteram, tenang,  dan sabar, serta leih bijak dan positif. Menetralkan rasa sakit, marah, dan stres. Membawa sikap yang lebih halus. 

Baca juga:

Menjadi Orang Tua Bijak (bukan toxic parent)

Mengelola Pikiran agar Terhindar dari Stres Berlebihan


Hyalite atau Water opal

Hyalite adalah opal putih dengan tampilan seperti kaca yang mencerminkan keseluruhan spektrum warna. Membantu seseorang untuk lebih berkembang dan menemukan kedamaian. Selain itu membantu meningkatkan harga diri dan peluang memenangkan uang serta kecakapan dalam berkomunikasi. Batu ini berkontribusi terhadap keseimbangan energi pria dan wanita dalam tubuh dan membantu kejernihan mental.

Iolite

Warna berkisar dari biru hingga ungu, dengan kemungkinan terlihat kuning melalui transparansi. Menyerupai safir. Digunakan untuk memperkuat aura, menyeimbangkan Yin dan Yang, membangkitkan pengetahuan tentang diri sendiri dan meningkatkan intuisi.

Indicolite

Turmalin biru, dengan warna biru lebih dalam dibandingkan batu biru lainnya. Digunakan untuk memperkuat keterampilan komunikasi, bekerja dengan cakra mata ketiga dan tenggorokan, memfasilitasi kesadaran psikis.

Jasper

Berkisar dari merah bata hingga coklat kemerahan dengan urat atau bintik kuning, putih, abu-abu dan/atau hitam. Digunakan untuk kekuasaan dan perlindungan. Memberi kekuatan untuk mengekspresikan diri dan memperoleh kemandirian. Namun sekaligus juga membuat orang tetap membumi.

Kyanite

Terutama berwarna biru, tetapi juga ada dalam warna lain, seperti putih, hijau, abu-abu dan hitam, atau tidak berwarna. Menyeimbangkan dan membuka chakra. Membantu komunikasi di semua tingkatan, memandu energi sadar, meningkatkan ketenangan, menstimulasi sistem kekebalan tubuh, membantu mengekspresikan dan mengingat mimpi.

Labradorite

Beraneka warna. Warnanya berubah sesuai dengan sudut pembiasan cahaya. Pangkal batu berwarna abu-abu keperakan dengan urat biru, merah jambu, hijau dan kuning. Berfungsi melindungi aura, membersihkan, menyeimbangkan, dan menyelaraskan tubuh halus, mengubah intuisi dan kecerdasan sehingga dapat menjalankan segala sesuatu dengan baik. Menjernihkan mata, membantu menyembuhkan asam urat, masuk angin, demam rematik, dan menstabilkan tekanan darah.

Lapis-lazuli

Biru, dengan nuansa yang berbeda-beda. Ada yang memiliki atribut putih dan ada pula yang berwarna kuning pirit. Konon batu ini sudah ada sebelum adanya zaman. Membantu merangsang kesadaran, digunakan untuk mendapatkan akses ke alam misterius, berdasarkan teks kuno. Baik untuk kesehatan ginjal, liver, kandung kemih, dan lambung. Dimanfaatkan juga untuk membantu memulihkan indra penciuman dan mengingat mimpi.

Lepidiolite

Semacam mika. Ada dalam warna ungu muda, merah muda, kuning, hijau atau putih. Sebuah batu yang membantu transisi antara tubuh dan jiwa. Memungkinkan perubahan terjadi dengan lembut dengan harapan dan penerimaan. Menghubungkan hati dengan jiwa dan digunakan untuk menemukan penyumbatan energi. Mencegah mimpi buruk. Baik untuk nyeri otot, kelelahan, stres, keriput, dan saraf.

Malachite

Batu dengan garis-garis mulai dari hijau terang hingga hijau sangat tua.

Sangat baik untuk menjernihkan emosi dan meningkatkan kapasitas fisik. Membebaskan diri dari trauma lama. Baik untuk asma, sendi bengkak, tumor, otot robek atau tegang.

Moonstone (Batu bulan)

Warnanya seperti susu dengan semburat kebiruan atau kekuningan. Mungkin juga tembus cahaya dengan patina merah muda atau kuning lembut. Membawa energi dari bulan, yang membantu menyeimbangkan emosi. Batu bulan biru memfasilitasi telepati, menyeimbangkan Yin dan Yang, dan membantu pertumbuhan spiritual. Batu bulan putih melindungi dari gangguan mental. Melindungi wanita dan secara alami merupakan batu pembaruan. Menyerap rasa sakit dan penyakit, masalah kesehatan kewanitaan, meregenerasi jaringan dan organ serta menjaga sistem reproduksi.

Baca juga:

Mengenali Karakter Orang lewat Zodiak dan Temperamen

Kesehatan Mental dan Skala Hawkins


Obsidian

Biasanya berwarna hitam dengan sisipan putih keabu-abuan, menyerupai kepingan salju. Inilah sebabnya mengapa disebut “obsidian kepingan salju”. Digunakan untuk perlindungan terhadap pikiran negatif, sebagai cermin kontemplasi, mengubah komunikasi negatif dan mengatasi obsesi. Meredakan nyeri dan membantu melancarkan peredaran darah, khususnya pada tangan dan kaki.

Opal

Opal tersedia dalam berbagai warna, bisa putih, atau biru, merah muda atau hijau untuk opal air, atau oranye hingga merah ceri untuk opal api. Setiap warna dikaitkan dengan bagian tubuh atau chakra tertentu. Masing-masing memiliki atribut metafisiknya sendiri sesuai dengan warnanya. Manfaat penggunaan batu opal secara umum adalah untuk mendorong introspeksi dan imajinasi, membangkitkan intuisi dan meningkatkan kejernihan pandangan. Ini juga digunakan sebagai alat untuk berekspresi.

Bornite 

Cokelat atau hitam, biasanya dengan semburat ungu/biru gelap dan permukaan retak berwarna tembaga. Memiliki kilau metalik. Membawa harapan dan meningkatkan semangat. Digunakan untuk merawat chakra dan membuatnya bekerja secara bersama-sama dan sendiri-sendiri. Melindungi dari hal-hal negatif dari luar. Membantu pembangunan tubuh dengan memperbaharui pertumbuhan dan perkembangan sel secara sempurna.

Peridot

Hijau limau, hijau kekuningan, dan hijau zaitun. Mengobati dan meredakan stres emosional, depresi dan kemarahan, membersihkan paru-paru, jantung, getah bening dan badan, membantu melawan rasa takut dan cemburu. Digunakan untuk perlindungan, meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan. Digunakan untuk pembaruan dan kebangkitan, intuisi, menginspirasi penyembuhan dan melawan infeksi dan 'flu. Baik untuk mencegah mimpi buruk dan memperkuat penglihatan. Dimanfatkan juga untuk mengurangi berat badan.

Pink quartz (Kuarsa merah muda)

Kristal merah muda tembus pandang. Batu kehangatan dan cinta. Menjaga emosi dan hati. Meredakan sakit hati dan membuka hati terhadap cinta. Meredakan kesendirian dan menekan rasa sakit. Membantu kita melupakan dan membawa kedamaian batin. Digunakan untuk mencegah kerutan dan memberikan corak yang bagus.

Ruby

Berkisar dari merah jambu hingga merah darah, merah menyala, dan merah cemerlang. Ruby adalah batu Bangsawan. Merangsang hati, membawa cinta, kesetiaan, kepercayaan diri dan keberanian. Memungkinkan kita mencintai diri sendiri dan jiwa kita pada saat yang bersamaan. Batu pengabdian. Baik untuk kesuburan. Membersihkan dan menghilangkan racun dalam sistem. Digunakan untuk mengobati demam, sirkulasi dan aliran darah yang buruk, gangguan jantung, sistem otot, tenggorokan, tiroid, dan otak.

Sapphire (Safir)

Biru tua hingga sangat gelap, hampir hitam. Juga ada dalam warna ungu, merah, merah jambu dan kuning, meski warna ini lebih jarang. Melambangkan kesetiaan, kebenaran, ketulusan dan kesetiaan. Membantu menyembuhkan seluruh bagian tubuh. Membantu komunikasi dan cakra tenggorokan, memberi kekuatan pada bagian tubuh ini.

Tiger’s eye

Cokelat kaya dan emas, dengan garis-garis emas dan coklat, menyerupai mata harimau. Menawarkan perlindungan, kejelasan dan keberanian, memberikan kekuatan, integritas dan kemauan. Batu yang sangat baik untuk stabilitas, memberi kekuatan di masa-masa sulit. Membantu mengatasi hiperaktif, manikdepresi, dan ketidakdewasaan, menciptakan keteraturan dari kekacauan, dan memungkinkan seseorang melihat tanpa ilusi. Baik untuk mata, sistem reproduksi, penglihatan malam hari, patah tulang, luka, memar, usus besar, pencernaan dan lambung. Membantu menghilangkan rasa sakit.

Topaz

Meskipun terutama dikenal karena warna birunya, topas ada dalam warna kuning, coklat, hijau pelangi, merah, abu-abu, merah muda dan tidak berwarna. Mendorong pikiran praktis. Sebuah batu ekspresi, meningkatkan kreativitas, kejernihan mental, dan meningkatkan kepercayaan diri. Membantu menggantikan kenegatifan dan depresi dengan kepositifan dan kegembiraan. Membantu mempertahankan keyakinan terhadap keadaan pencerahan. Mengembalikan hilangnya rasa, menyembuhkan luka dan ruam. Baik untuk gangguan pada hati, kandung empedu dan kelenjar endokrin.

Tourmaline

Banyak variasi warna, masing-masing dengan kegunaannya. Setiap warna berhubungan dengan chakra. Hitam mengusir hal-hal negatif. Biru untuk komunikasi dan mata ketiga. Cokelat membersihkan aura. Pink juga membawa kegembiraan. Hijau membuka cakra hati. Oranye meningkatkan kreativitas. Ungu memberi perlindungan dari benda gelap. Merah terang melambangkan cinta tanpa syarat. Kuning meningkatkan kecerdasan. Baik untuk sistem saraf dan melawan racun dalam darah atau getah bening, rasa dendam, migren, luka bakar, asma, nyeri rematik, bengkak dan kelumpuhan.

Baca juga: 

Stoikisme dan Upaya Melakoni Hidup Lebih Baik

Berdamai dengan Inner Child


Nah, itu dia keterangan dari sejumlah batu kristal. Hanya sedikit bagian, itu pun aku yakin banyak yang belum kenal beberapa di antaranya. Pemanfaatan batu-batu adalah dengan memakainya secara langsung, misalnya dengan meletakkan batu di area yang mendukung tujuan. Misalnya amethyst yang dimanfaatkan untuk membantu saat tidur, bisa diletakkan di bawah bantal. Atau di meja baca yang dekat dengan tempat tidur. Bisa pula dimanfaatkan sebagai kalung atau bandul kalung atau aneka aksesori lainnya. Dapat juga digabungkan dengan berbagai komponen lain untuk mendukung tujuan pemilihan materi-materi tersebut. Lain waktu kita bahas, ya. Termasuk produk-produk siap pakai. Namaste.

No comments